Kompas.com - 23/10/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi smartphone terbaru di toko HP. DOK. ShutterstockIlustrasi smartphone terbaru di toko HP.

KOMPAS.com - Pemerintah resmi menetapkan besaran minimal nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) baru untuk perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G menjadi 35 persen.

Besaran angka tersebut meningkat 5 persen dari nilai TKDN yang sebelumnya ditetapkan untuk perangkat 4G, yakni sebesar 30 persen.

Dengan berlakunya ketentuan tersebut, vendor smartphone tentu akan kembali melakukan penyesuaian pada besaran komponen hardware dan software yang digunakan dalam proses produksi ponsel.

Namun, kenaikan tingkat TKDN ini nampaknya tidak akan membebani vendor smartphone, setidaknya begitu yang disampaikan pengamat gadget dari komunitas Gadtorade, Lucky Sebastian.

Baca juga: Pemerintah Naikkan TKDN Perangkat 4G Jadi 35 Persen

Mayoritas vendor yang memasarkan ponselnya di Tanah Air, menurut Lucky, telah menetapkan nilai TKDN ponsel di atas 30 persen.

Dengan demikian, para pelaku industri ini dinilai tidak membutuhkan upaya yang besar dalam mendongkrak nilai TKDN pada ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang ini kebanyakan kalau kita lihat dari surat TKDN, vendor-vendor sudah bisa membuat di atas 30 persen komponen lokal. Jadi effort-nya sebenarnya tidak full harus 5 persen, untuk mengikuti aturan baru," ujar Lucky kepada KompasTekno, Jumat (22/10/2021).

Berdasarkan pantauan KompasTekno, saat ini terdapat banyak ponsel yang telah memang sudah mengantongi nilai TKDN di atas 30 persen.

Beberapa di antaranya termasuk Oppo Reno6 yang memiliki nilai TKDN 31,15 persen dan Vivo Y33s dengan nilai TKDN 32,90 persen.

Sejumlah ponsel seperti Xiaomi Redmi 9 dan Samsung Galaxy M12 bahkan memiliki tingkat kandungan melampaui batas minimal yang sudah ditentukan, masing-masing di angka 38,20 persen dan 37,60 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.