Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprotes Warga Tangerang, Google Tinjau Ulang Prosedur Pemetaan Street View

Kompas.com - 28/10/2021, 16:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pihak Google Indonesia mengungkapkan akan melakukan peninjauan ulang terhadap prosedur pemetaan citra jalanan Google Street View di Indonesia.

Hal ini menyusul adanya protes dari Khairul Anam, seorang warga Kabupaten Tangerang yang keberatan wilayah perumahannya muncul di Google Street View.

"Kami akan meninjau kembali prosedur kami untuk menghindari kesalahan serupa di masa mendatang," kata Feliciana Wienathan selaku Communication Manager Google Indonesia melalui pesan singkat, kepada KompasTekno, Kamis (28/10/2021).

Sebelumnya, Khairul menyampaikan rasa keberatannya atas kegiatan pemetaan Google Street View oleh pihak Google di wilayah perumahannya. Keluhan tersebut ia ungkapkan di media sosial Twitter dan viral di dunia maya.

Menurut dia, pemetaan yang dilakukan oleh pihak Google itu tak berizin dan melanggar hak privasi warga setempat. Sebab, petugas lapangan yang melakukan dokumentasi citra jalan di perumahannya pada Maret 2021 lalu itu tidak memiliki surat izin.

Khairul mengklaim bahwa petugas lapangan Google hanya berbekal surat tugas dan "surat endorse" dari Eko Sulistyo, yang saat itu menjabat sebagai Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan. Surat tersebut ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 2018.

Baca juga: Google Minta Maaf dan Hapus Foto Street View yang Diprotes Warga Tangerang

"Surat endorse itu dukungan terhadap @googleindonesia untuk sukseskan Asian Games (AG) 2018, dengan pemetaan tempat-tempat yang mendukung kesuksesan AG. Terus apa hubungannya dengan komplek gw yang cluster?" ujar Khairul dalam sebuah twit.

Ketika itu, karena merasa ada hal yang ganjil, Khairul meminta agar petugas menghapus hasil pemetaan perumahannya. Petugas pun berjanji akan memenuhi permintaan Khairul.

Namun, pada 23 Oktober 2021, warga perumahan tersebut melihat bahwa peta perumahan mereka muncul di Google Street View. Bahkan, foto diri Khairul juga tampak di Gogle Street View.

Akibat masalah ini, Feliciana selaku perwakilan Google Indonesia meminta maaf atas ketidaknyaman yang dirasakan oleh Khairul dan warga perumahan setempat. Feliciana juga mengonfirmasi bahwa pemetaan perumahan Khairul sudah dihapus dari Google Street View.

"Segera setelah kami mengetahui masalah ini, kami menghapus gambar yang dimaksud," kata Feliciana.

Kebijakan Google Street View dan cara menghapus foto rumah di dalamnya

Eko Pramono, karyawan Google Street View, menggendong alat Street View Trekker yang digunakan untuk mengambil imaji panorama dengan sudut 360 derajat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/9/2015). Alat berupa kamera dengan 15 lensa yang memiliki berat sekitar 20 kilogram tersebut memungkinkan pengambilan gambar 360 derajat di sekitar jalur yang dilewati pengguna alat itu.KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Eko Pramono, karyawan Google Street View, menggendong alat Street View Trekker yang digunakan untuk mengambil imaji panorama dengan sudut 360 derajat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/9/2015). Alat berupa kamera dengan 15 lensa yang memiliki berat sekitar 20 kilogram tersebut memungkinkan pengambilan gambar 360 derajat di sekitar jalur yang dilewati pengguna alat itu.
Google Street View sendiri adalah fitur foto panorama 360 derajat dari Google yang bisa memperlihatkan kondisi nyata jalanan atau alamat tertentu di dalam peta. Di samping itu, Google Street View juga memperlihatkan bagian depan rumah atau objek lain.

"Street View hanya menampilkan gambar yang diambil di properti publik," kata Feliciana. Dengan kata lain, Street View seharusnya hanya menampilkan kondisi jalanan di tempat-tempat yang bisa diakses oleh masyarakat umum. 

Google mengumpulkan gambar di Street View lewat proses pemetaan kondisi jalan. Dalam proses ini, kamera Google Street View kadang dipasang di atas mobil, troli, sepeda, di atas perahu, bahkan dipegang sendiri oleh manusia, tergantung lokasi yang ingin direkam.

Baca juga: Terungkap, Indonesia Negara Paling Banyak Minta Hapus Konten di Google

Di Indonesia, sistem kamera kerap dipasangkan di atap mobil yang akan menyusuri jalan-jalan beberapa kota. Mobil ini memajang logo Google Maps Street View dan Wonderful Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com