BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Beralih ke Gaya Hidup Cerdas, Ini Deretan Gadget Multiperangkat Canggih yang Wajib Dimiliki

Kompas.com - 28/10/2021, 17:30 WIB
Perangkat teknologi yang terkoneksi dalam satu ekosistem smartphone memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai fitur dalam satu genggaman, mulai dari informasi kesehatan, email, musik, cuaca, telepon masuk, pesan singkat, hingga notifikasi media sosial. Dok. Oppo IndonesiaPerangkat teknologi yang terkoneksi dalam satu ekosistem smartphone memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai fitur dalam satu genggaman, mulai dari informasi kesehatan, email, musik, cuaca, telepon masuk, pesan singkat, hingga notifikasi media sosial.

 

KOMPAS.com - Di era digital dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat kian akrab dengan gadget.

Pasalnya, teknologi pada gadget terkini dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, belajar, belanja, olahraga, hingga beribadah.

Hal itu pun mendorong tren gaya hidup baru, yakni gaya hidup cerdas atau smart lifestyle.

Untuk diketahui, smart lifestyle adalah gaya hidup masyarakat urban yang mengutamakan kemudahan dengan mengandalkan ragam gadget mutakhir sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Tak Lagi Sebatas Mimpi, 5 Aktivitas Ini Sudah Bisa Dilakukan Hanya lewat Smartphone

Tren smart lifestyle pun memunculkan kebutuhan baru di tengah masyarakat. Salah satunya, rangkaian gadget yang saling terkoneksi dalam satu ekosistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, perangkat teknologi yang terkoneksi dalam satu ekosistem memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai fitur dalam satu genggaman, mulai dari informasi kesehatan, email, musik, cuaca, telepon masuk, pesan singkat, hingga notifikasi media sosial.

Berikut Kompas.com rangkum deretan gadget yang dapat mendukung masyarakat beralih ke gaya hidup cerdas.

Melacak aktivitas olahraga melalui smartbandDok. Oppo Indonesia Melacak aktivitas olahraga melalui smartband

Smartband

Smartband adalah gelang pintar yang digunakan untuk memantau kebugaran atau kesehatan. Perangkat ini umumnya digunakan oleh seseorang yang gemar berolahraga.

Baca juga: Masih Ragu Nonton di Bioskop? Yuk Sulap Kamar Tidur Jadi Bioskop Pribadi Hanya dengan Smartphone

Sesuai namanya, smartband dibuat dengan desain yang lebih ramping dari jam konvensional dan mirip dengan gelang. Desain ini disesuaikan dengan fungsi utamanya yang menitikberatkan pada kepraktisan sehingga nyaman saat digunakan.

Smartband memiliki fitur pencatat aktivitas harian atau daily activity, seperti jumlah langkah harian, jumlah kalori yang terbakar, dan durasi aktivitas olahraga yang dijalani.

Selain itu, perangkat pintar tersebut juga memiliki fitur dasar, yakni jam, alarm, fitness tracking, dan notifikasi getaran.

True wireless stereo

Saat ini, true wireless stereo (TWS) menjadi salah satu gadget yang digandrungi oleh masyarakat urban, terutama generasi muda.

Baca juga: Dari Jakarta hingga Prancis, Karya Darbotz Melintasi Berbagai Benua

Perangkat nirkabel itu dapat tersambung dengan perangkat lain, seperti smartphone dan komputer, melalui gelombang radio yang didukung koneksi Bluetooth.

TWS digemari karena memiliki ukuran mini sehingga mudah digunakan dan dibawa ke mana saja.

Tak hanya untuk mendengarkan musik dengan kualitas stereo, earphone kekinian itu juga berguna untuk melakukan panggilan telepon dan kegiatan lain yang memerlukan input dan output suara.

Menariknya, perangkat tersebut bisa gunakan sembari melakukan kegiatan lain, asalkan Bluetooth yang terhubung tetap berada di jangkauan tak lebih dari 10 meter.

Baca juga: Dari Smartband hingga TWS, Ini 3 Kombinasi Perangkat Terkini untuk Dukung Gaya Hidup Kekinian

Enco BudsDok. Oppo Indonesia Enco Buds

Smartwatch

Gadget berteknologi canggih selanjutnya yang dapat menunjang gaya hidup cerdas adalah smartwatch.

Selain sebagai jam tangan, arloji pintar tersebut juga dapat terkoneksi dengan smartphone melalui Bluetooth. Setelah terkoneksi, smartwatch dapat digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi smartphone, mulai dari mengangkat telepon, membaca pesan, hingga mendengarkan musik.

Smartwatch juga dapat memantau kesehatan pengguna berkat fitur pengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2) dan pemantau detak jantung.

Salah satu smartwatch yang dilengkapi fitur-fitur canggih tersebut adalah Oppo Watch. Saat ini, Oppo telah merilis Oppo Watch dengan dua ukuran, yakni Oppo Watch 46 mm dan OPPO Watch 41 mm. Variasi warna yang bisa dipilih, yaitu Black dan Rose Gold.

Baca juga: Biar Makin Gereget, Ini 5 Perangkat Penting yang Perlu Dimiliki Mobile Gamers

Oppo Watch dibekali dengan chipset Snapdragon Wear 3100 yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB.

Untuk mendukung aktivitas perangkat, Oppo Watch 46 mm dibenami baterai berkapasitas 430 mAh dan 300 mAh pada Oppo Watch 41 mm. Baterai varian 41 mm dapat bertahan selama kurang lebih 18 jam dengan beban kerja yang ringan.

Oppo telah merilis Oppo Watch dengan dua ukuran, yakni Oppo Watch 46 mm dan OPPO Watch 41 mm. Variasi warna yang bisa dipilih, yaitu Black dan Rose Gold.Dok. Oppo Indonesia Oppo telah merilis Oppo Watch dengan dua ukuran, yakni Oppo Watch 46 mm dan OPPO Watch 41 mm. Variasi warna yang bisa dipilih, yaitu Black dan Rose Gold.

Masih dari sisi daya, Oppo Watch mengadopsi teknologi Watch VOOC Flash Charging. Dengan teknologi ini, pengisian daya dari 0 persen hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu 75 menit.

Untuk mengisi daya hingga 45 persen, pengguna cukup membutuhkan waktu 15 menit. Dengan begitu, Oppo Watch tetap bisa digunakan sepanjang hari.

Baca juga: Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital

Kedua varian Oppo Watch juga sudah bisa digunakan untuk aktivitas di dalam air, seperti berenang snorkeling dan diving. Oppo Watch 46 mm memiliki tingkat ketahanan air 5 ATM dan mampu bertahan hingga kedalaman hingga 50 meter. Sementara, Oppo Watch 41 mm memiliki tingkat ketahanan air 3 ATM dan mampu bertahan di kedalaman 30 meter.

Kedua smartwatch tersebut juga dibekali sejumlah fitur esensial, mulai dari pelacak aktivitas olahraga hingga 100 mode, pemutaran musik, hingga pengawas detak jantung 24 jam.

Untuk pemantau detak jantung, Oppo Watch dibenami empat sensor optik yang dapat mencatat dengan akurasi maksimal pada kegiatan apa pun, termasuk olahraga berat.

Selain itu, ada pula fitur pengatur tidur. Oppo Watch dapat memberi tahu tingkat kualitas tidur nyenyak, sejenak, dan waktu bangun di malam sebelumnya.

Baca juga: Sudah Jadi Barang Wajib, Berikut Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan lewat Smartphone

Aktivitas lain seperti lari, naik sepeda, atau joging juga dapat dipantau dengan fitur lima sensor olahraga. Fitur sensor ini terdapat di bagian belakang jam tangan.

Smartphone

Smartphone menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki untuk menunjang smart lifestyle.

Pasalnya, berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, mulai dari menonton film, bermain game, membuka media sosial, hingga urusan pekerjaan, seperti video call meeting dan mengatur jadwal.

Selain itu, smartphone juga menjadi perangkat inti yang dapat terhubung dengan gadget lain, seperti smartwatch, TWS, dan bahkan perangkat smart home.

Baca juga: Bebas Lag dan Lemot, Berikut Fitur Gaming yang Wajib Ada di Smartphone

Smartphone untuk smart lifestyle juga harus memiliki desain stylish dan trendi. Kemudian, dibekali pula dengan teknologi canggih, seperti kapasitas RAM minimal 8 GB, fitur fotografi, videografi yang apik serta didukung jaringan 5G dengan dilengkapi teknologi terkini.

Salah satu smartphone yang memenuhi kriteria tersebut adalah Oppo Reno6 Series 5G.

Oppo Reno6 Pro 5G dibekali kamera depan 32 megapiksel (MP) dan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultra-wide 16 MP, telephoto 13 MP, dan makro 2 MP.

Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno6 Pro 5G dibekali kamera depan 32 megapiksel (MP) dan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultra-wide 16 MP, telephoto 13 MP, dan makro 2 MP.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Series 5G terdiri dari Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G. Setiap varian memiliki spesifikasi yang berbeda.

Adapun Oppo Reno6 Pro 5G merupakan varian tertinggi dari Oppo Reno6 Series 5G yang memiliki desain 3D Curved Display. Ponsel pintar ini juga dibekali layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90 hertz (HZ) dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan demikian, pengguna dapat bermain game, seperti Mobile Legends dan PUBG dengan tampilan yang prima.

Baca juga: Mau Bisnismu Jadi Makin Hits? Buat Video Marketing dengan 4 Trik Jitu Berikut

Dari segi fotografi, Oppo Reno6 Pro 5G dibekali kamera depan 32 megapiksel (MP) dan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultra-wide 16 MP, telephoto 13 MP, dan makro 2 MP.

Selain itu, hardware Oppo Reno6 Pro 5G terbilang mumpuni untuk melakukan kegiatan komputasi sedang hingga berat. Pasalnya, dapur pacu ponsel ini didukung chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.

Oppo Reno6 Pro 5G juga dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Fitur ini dapat mengisi daya penuh dalam 31 menit. Dengan spesifikasi tersebut, ponsel pintar ini dibanderol Rp 10.999.000.

Kehadiran produk Oppo yang sudah menggunakan jaringan 5G akan memudahkan Gen Z untuk mengembangkan potensi serta terhubung di ranah digital secara cepat dan minim delay.Dok. Oppo Indonesia Kehadiran produk Oppo yang sudah menggunakan jaringan 5G akan memudahkan Gen Z untuk mengembangkan potensi serta terhubung di ranah digital secara cepat dan minim delay.

Selanjutnya, Oppo Reno6 5G. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Manfaatkan Waktu untuk Asah Skill Fotografi dan Videografi meski Berada di Dalam Rumah

Pada bagian kamera, Oppo Reno6 5G memiliki kamera depan 32 MP yang diletakkan pada punch hole. Sementara, kamera belakangnya terdiri dari tiga buah kamera, yakni kamera utama 64 MP, ultra-wide 8 MP, dan makro 2 MP.

Tak hanya itu, kamera tersebut juga didukung fitur fotografi dan videografi mumpuni, seperti Color Temperature Sensor, Bokeh Flare Portrait Video, dan AI Highlight Video.

Untuk dapur pacu, Oppo Reno6 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 (6nm) yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan 128 GB.

Kapasitas baterainya pun terbilang jumbo, yakni 4.300 mAh yang didukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Dengan fitur ini, daya ponsel dapat terisi 100 persen hanya dalam 28 menit. Oppo Reno 5G ini dibanderol dengan harga Rp 7.999.000.

Baca juga: Mobile Game Indonesia Menjanjikan, Ini 5 Tips Memulai Karier sebagai Atlet E-Sport

Untuk diketahui, Oppo menghadirkan promo pesta cashback perangkat internet of things (IoT) sejak 19 Oktober-31 Desember 2021.

Pada promo Parade Oppo IoT, kamu berkesempatan mendapatkan cashback spesial sebesar Rp 500.000 untuk pembelian produk bundling smartphone Oppo dengan produk IoT Oppo, yaitu Oppo Watch 41 mm dan 46 mm.Dok. Oppo Indonesia Pada promo Parade Oppo IoT, kamu berkesempatan mendapatkan cashback spesial sebesar Rp 500.000 untuk pembelian produk bundling smartphone Oppo dengan produk IoT Oppo, yaitu Oppo Watch 41 mm dan 46 mm.

Pada promo Parade Oppo IoT, kamu berkesempatan mendapatkan cashback spesial sebesar Rp 500.000 untuk pembelian produk bundling smartphone Oppo dengan produk IoT Oppo, yaitu Oppo Watch 41 mm dan 46 mm.

Nah, itulah deretan gadget yang bisa kamu gunakan sehari-hari untuk mendukung gaya hidup cerdas dan kekinian.

Oppo telah merangkai seluruh perangkat canggih tersebut dalam satu ekosistem smartphone. Dengan begitu, kamu bisa menentukan pilihan gadget yang sesuai kebutuhan.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.