Bukti Project Starline Milik Google yang Konon Lebih Canggih dari Zoom

Kompas.com - 04/12/2021, 10:01 WIB
Bilik video call 3D Google. WiredBilik video call 3D Google.

KOMPAS.com - Pandemi membuat sebagian besar masyarakat dunia harus bertatap muka secara online. Beberapa aplikasi video konferensi pun dimanfaatkan, seperti Google Meet, Microsoft Teams, atau Zoom.

Akan tetapi, pengalaman tatap muka yang diberikan aplikasi-aplikasi itu hampir setara. Untuk itu, Google mengembangkan proyek baru yang konon bakal memberikan pengalaman tatap muka online lebih nyata dengan mengusung konsep video call 3D.

Proyek itu diberi nama Project Starline yang diperkenalkan pada acara Google I/O 2021 bulan Mei lalu. Konon, Project Starline bakal memberikan pengalaman video call yang lebih mengesankan dibanding Zoom dkk.

Saat Google mengumumkan Project Starline, tidak ada yang menyangka bahwa teknologi yang diusung begitu rumit.

Dimulai dengan desain booth atau biliknya yang mirip dengan tempat duduk di restoran, memungkinkan pengguna dapat duduk dengan nyaman saat mereka berkomunikasi dengan lawan bicaranya dari jarak jauh.

Baca juga: Google Pamer Teknologi Video Call 3D, Serasa Berhadapan Langsung

Google mengutamakan kenyamanan pengguna, sehingga desain itu dibuat agar pengguna lebih nyaman dalam berkomunikasi, layaknya berhadapan dengan lawan bicara secara langsung.

Pengguna pun dapat berkomunikasi secara lebih jelas dan baik, tanpa menggunakan alat bantu apapun seperti headset VR atau kacamata 3D. Google berusaha untuk memberikan kenyamanan pada pengguna untuk dapat melihat dan mendengar lawan bicara dari jarak jauh serealistis mungkin.

Bahkan, Google dapat memastikan pengguna memiliki kebebasan dalam bergerak, kemampuan melihat lawan bicara dari berbagai sudut, hingga fitur audio yang dapat ditampilkan lebih realistis sehingga pengguna serasa berbicara langsung dengan lawan bicara.

Untuk mencapai hal tersebut Project Starline merekam dan melacak seseorang dengan satu set tiga kamera "pod". Masing-masing "pod" berisi empat kamera monokrom dengan ukuran 1280x1024 dan berjalan di 120Hz. 

Kamera itu dilengkapi dengan filter untuk mencegah cahaya inframerah-dekat (near-infrared), sehingga tampilan yang terekam pun lebih baik. Ketiga "pod" itu masing-masing diletakkan di atas layar di sisi kiri dan kanan serta satu lagi di tengah bawah layar, seperti ilustrasi di bawah ini.

Teknologi Project Starlineandroidcentral.com Teknologi Project Starline

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.