Sejarah Game Winning Eleven, Begini Evolusinya Menjadi PES

Kompas.com - 15/01/2022, 10:04 WIB

KOMPAS.com - Konami merupakan studio game di balik lahirnya seri game sepak bola populer, Pro Evolution Soccer (PES), atau yang pada dekade 90-an diberi judul Winning Eleven.

Sejak diluncurkan pada tahun 1995, PES sudah menjadi salah satu game favorit yang menempati hati penggemar olahraga sepak bola.

Game bertemakan sepak bola memang cukup beragam, seperti FIFA misalnya. Game besutan Electronic Arts (EA) ini menjajikan gameplay yang serupa dengan PES.

Baca juga: Winning Eleven Sampai Permen Yosan Ramaikan #Horor90an

Kini setelah lebih dari 26 tahun hadir di industri game, PES telah mengalami sejumlah perkembangan, baik dari segi grafis dan gameplay yang ditawarkan.

Meluncur perdana pada 1995

Tahun 1995 menjadi cikal bakal kehadiran seri game Pro Evolution. Dirilis secara perdana pada konsol PlayStation, PES pertama kali mengusung nama "Goal Storm".

Di negara asalnya, Jepang, Goal Storm lebih dikenal dengan judul World Soccer Winning Eleven. Judul ini pulalah yang populer di tengah gamer di Indonesia, di era konsol PlayStation One.

Winning Eleven mengunggulkan sektor grafis polygon-based yang diklaim mampu menampilkan gambar lebih baik pada kala itu.

Sementara dari segi gameplay, Goal Storm alias Winning Eleven menawarkan 36 tim sepak bola internasional dari berbagai negara.

Berbeda dari game generasi PES selanjutnya, nama-nama pemain yang terdapat di dalam game ini tidak mengusung nama asli atlet pesepak bola di dunia nyata.

Konsep nama asli pesepak bola dunia ini justru diadopsi oleh pihak kompetitor, yakni FIFA 96, menjadikan game ini sebagai yang pertama menggunakan nama asli pemain sepak bola.

Konami lalu merilis seri berikutnya yang diberi nama Goal Storm 97 saat meluncur di Amerika Serikat (AS).

Game ini juga dikenal dengan nama World Soccer: Winning Eleven '97 di Jepang dan International Superstar Soccer Pro di seluruh dunia (versi global).

Salah satu fitur yang diunggulkan pada game ini terletak dari sisi taktik, di mana pemain bisa memilih antara 13 formasi dan delapan jenis strategi.

Salah eja nama karakter

Pada tahun 1998, Konami meluncurkan generasi penerus dari Winning Eleven 97. Sesuai dengan tahun peluncurannya, game tersebut diberi nama International Superstar Soccer (ISS) Pro 98, yang versi Jepangnya diberi title Winning Eleven 98.

Baca juga: Game Sepak Bola PES 2021 Mobile Bisa Diunduh Gratis di Android dan iOS

Belajar dari kompetitornya, ISS Pro 98 sudah menyertai nama-nama pemain atlet sepak bola sungguhan. Namun, Konami melakukan kekeliruan yakni dengan salah mengeja nama karakter di dalam game.

Akibat kesalahan tersebut, Konami akhirnya merilis ISS Pro yang disertai fitur untuk mengubah nama-nama karakter.

ISS Pro atau Winning Eleven 98 juga kedatangan mode baru bernama Master League, yang memunginkan pengguna untuk bermain bersama 16 klub sepak bola asal Eropa.

Master League terdiri dari karakter fiksi, dan pada setiap pertandingan yang dimenangkan, pemain bisa memperoleh poin untuk dibelanjakan karakter baru untuk ditambahkan ke dalam tim.

ISS Pro Evolution 2 atau Winning Eleven 2000 kemudian dirilis pada tahun 2000 dengan membawa peningkatan, termasuk kembalinya fitur adaptasi nama-nama pemain atlet sepak bola sungguhan.

Fitur yang ditawarkan pada Mode Master League juga diperluas, kini menyediakan dua divisi tim sepak bola dengan degradasi di akhir setiap musim.

Lahirnya PES

Konami kembali meneruskan game sepak bola buatannya dengan merilis Winning Eleven 5 di Jepang dan Amerika Utara pada tahun 2001.

Hinggga akhir tahun 2001, Konami turut memboyong game ini ke Eropa dengan judul baru, yakni Pro Evolution Soccer (PES).

Ilustrasi game PES 2010.Konami Ilustrasi game PES 2010.

Game ini hadir pertama kali di konsol PlayStation 2 (PS2) dengan membawa peningkatan yang cukup signifikan dari segi grafis.

Kehadiran Winning Eleven 5 nampaknya berhasil menggaet banyak penggemar game sepak bola. Ini terlihat dari tingginya angka penjualan yang menembus 500.000 kopi game.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber TechSpot


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.