Game "Fortnite" Kembali ke iOS Lewat GeForce Now

Kompas.com - 16/01/2022, 08:03 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada Agustus 2020 lalu, game battle royale besutan Epic Games, Fortnite, "ditendang" dari toko aplikasi Google Play Store dan App Store karena masalah transaksi di dalam aplikasi (in-app purchase).

Karena tidak ada di Play Store, pengguna Android harus meng-install Fortnite dari aplikasi terpisah yang diunduh dari situs Epic Games langsung. Sementara pengguna iOS tidak bisa melakukan apa-apa lantaran aplikasi yang dipasang biasanya memang harus berasal dari App Store.

Kini, Fortnite tampaknya sudah bisa kembali dimainkan oleh pengguna Android dan iOS, namun, melalui platform cloud gaming bikinan Nvidia, GeForce Now

Baca juga: Tombol Sign In Apple ID Dicabut dari Game Fortnite, Akun Pemain Terancam Hilang

Sekadar informasi, GeForce Now merupakan layanan yang memungkinkan pengguna memainkan game secara streaming di berbagai perangkat, seperti Windows PC, MacOS, Android TV, Chrome, Android, hingga iOS.

Dengan demikian, Fortnite yang tersedia di GeForce Now juga dimainkan melalui streaming tanpa perlu diinstal di perangkat smartphone.

Tidak hanya sekadar dimainkan, Fortnite juga hadir di platform tersebut dengan dukungan kontrol yang dioptimalkan untuk smartphone, berkat kerja sama antara Nvidia dengan Epic Games.

Biasanya, game yang tersedia di layanan cloud gaming tersebut mengharuskan penggunanya memakai aksesori controller untuk pengalaman game yang nyaman.

Untuk memainkan Fortnite, pengguna cukup memasang aplikasi GeForce Now dari toko aplikasi Play Store atau App Store. Lalu, pengguna diwajibkan membuat akun dan membayar biaya langganan GeForce Now, termurah 20 dolar AS (sekitar Rp 286.000) per bulan.

Baca juga: Game Fortnite Resmi Ditutup di China

Setelah membayar biaya berlangganan, pengguna juga bisa memainkan ratusan game gratis lainnya yang tersedia di dalam pustaka (library) GeForce Now, di samping Fortnite.

Beberapa di antaranya seperti Cyberpunk 2077, Battlefield 1: Revolution, Assasin's Creed: Valhalla, Far Cry 6, Dragon Age: Inquisition, Immortals Fenyx Rising, dan masih banyak lagi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Nvidia, Minggu (16/1/2022).

Perlu dicatat, layanan GeForce Now sendiri tampaknya belum tersedia secara resmi di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.