Fitur Baru PeduliLindungi, Bisa Scan QR Code Tanpa Internet

Kompas.com - 18/01/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi kedatangan fitur baru. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan scan QR Code PeduliLindungi tanpa perlu terhubung dengan internet.

Fitur bernama "Offline Check-in" ini diumumkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui akun Instagram resminya.

Seperti namanya, dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan check-in di aplikasi PeduliLindungi secara offline.

"Check-in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja semakin mudah dengan fitur Offline Check-in," tulis akun @kemenkominfo.

Baca juga: Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi? Ini 5 Cara Mengatasinya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Kominfo (@kemenkominfo)

Kehadiran fitur baru ini dapat membantu pengguna yang kesulitan terhubung dengan internet.

Fitur Offline Check-in ini juga bisa menjadi solusi untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi di beberapa tempat yang sulit terjangkau sinyal, seperti di basement atau lokasi lain.

Cara scan QR Code PeduliLindungi tanpa internet

Untuk bisa mengakses fitur "Offline Check-in", pengguna disarankan melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru. Cara menggunakan fitur "Offline Check-in" serupa dengan cara scan QR Code PeduliLindungi seperti biasanya.

Pengguna dapat membuka aplikasi PeduliLindungi dan memindai (scan) QR Code PeduliLindungi yang umumnya tersedia di pusat perbelanjaan, rumah makan, rumah sakit, dan perkantoran.

Kemudian, klik tombol "Scan QR Code" dan tekan tombol "I Agree". Pengguna lalu dapat memindai QR code PeduliLindungi yang tersedia.

Cara menggunakan fitur Offline Check-in di aplikasi PeduliLindungi.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menggunakan fitur Offline Check-in di aplikasi PeduliLindungi.

Apabila ponsel tidak terhubung dengan internet, aplikasi PeduliLindungi masih dapat melakukan proses check-in.

Baca juga: Cara Dapat QR Code PeduliLindungi untuk Pelaku Usaha

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.