Xiaomi Suntik Dana untuk Teknologi UWB, Pengganti Inframerah di Smartphone

Kompas.com - 18/01/2022, 13:31 WIB

Kompas.com - Xiaomi menggelontorkan sejumlah dana investasi untuk mengembangkan teknologi Ultra Wideband (UWB).

Seperti Bluetooth, UWB merupakan teknologi komunikasi berbasis gelombang radio untuk penggunaan jarak pendek dan transmisi data yang cepat serta stabil. Xiaomi pernah menyematkan teknologi ini di Mi Mix 4.

Informasi itu didapat dari database lembaga pendaftaraan bisnis China, QCC yang diperbarui  Januari 2022. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Xiaomi mengucurkan dana ke sebuah startup kecil yang fokus pada teknologi UWB, bernama Ultraception.

Dalam database QCC dijelaskan, Ultraception didirikan pada tahun 2019 dan dipimpin oleh Dong Zongyu sebagai CEO.

Menurut deskripsinya, Ultraception juga bergelut di bisnis server, data, bisnis semikonduktor serta telekomunikasi. Setelah Xiaomi melakukan investasi, saham Ultraception kini memiliki 6,5 juta saham.

Baca juga: Ketika Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji dalam 5 Hari

Kabarnya, teknologi UWB akan menggantikan sensor cahaya inframerah yang banyak digunakan Xiaomi di berbagai produknya. Sebab, UWB disebut mengonsumsi lebih sedikit energi dibanding inframerah.

UWB sebenarnya sudah ada sejak tahun 1990. Namun baru pada 2020 teknologi ini bisa dirasakan manfaatnya oleh konsumen karena disematkan pada berbagai ponsel, perangkat smart home hingga perangkat pelacak seperti Samsung SmartTag.

Pada Samsung SmartTag atau Apple Airtag, UWB membantu memberikan sistem pelacakan perangkat yang lebih akurat serta lebih hemat daya, karena perangkat ini tidak perlu terhubung ke stop kontak setiap saat.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa, (18/1/2022), Xiaomi akan menggunakan teknologi UWB pada produknya di masa depan, sebagaimana inframerah digunakan untuk mengendalikan bermacam perangkat smart home.

Didukung dengan software algoritma UWB, Xiaomi mengeklaim perangkat smart home-nya yang dibekali UWB , akan memiliki tingkat akurasi tinggi.

Baca juga: Tanda-tanda Xiaomi 12 dan 12 Pro Segera Masuk Indonesia

Xiaomi juga sesumbar bahwa teknologi UWB akan membantu ponsel maupun perangkat pintar memiliki persepsi spasial, atau pelacakan yang lebih akurat di dalam ruangan seperti GPS Indoor.

Dengan teknologi ini, pengguna hanya perlu mengarahkan ponsel ke perangkat apa pun, sehingga menu pengontrol akan muncul di layar secara otomatis. Jika terealisasikan, maka pelacakan akan semakin mudah dilakukan.

Sejauh ini baru Xiomi Mi Mix 4 yang mendukung teknologi UWB. Namun dengan investasi perusahaan pada teknologi ini, perangkat Xiaomi dengan UWB mungkin akan bertambah di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.