Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 27/02/2022, 10:36 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel mulai mengalihkan seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G LTE tahun ini. Upaya migrasi jaringan ini akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2022.

Upgrade jaringan ini dimaksudkan untuk menawarkan pengalaman internet yang lebih cepat, streaming musik atau video tanpa buffering, maupun bermain game tanpa lag.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Siap-siap, Sinyal 3G Telkomsel Mulai Dimatikan Tahun Ini

Upaya migrasi jaringan yang dilaksanakan Telkomsel sedianya akan dilakukan secara bertahap pada semua layanan 3G di seluruh wilayah Indonesia. Langkah ini akan secara khusus diprioritaskan untuk wilayah yang sudah memiliki infrastuktur layanan 4G/LTE.

Dengan kata lain, sinyal 3G Telkomsel akan mulai dimatikan tahun ini, dan tak lagi dapat digunakan lagi oleh pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.

Agar bisa menikmati layanan 4G, pelanggan Telkomsel pun diimbau untuk mengganti SIM card mereka dengan SIM card yang mendukung 4G.

Cara tukar SIM Card 4G Telkomsel

Untuk itu, Telkomsel mengajak pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G LTE.

Pengguna dapat melakukan beberapa cara untuk untuk melakukan upgrade kartu SIM non-4G ke uSIM 4G Telkomsel, baik secara online maupun offline.

Kabar baiknya, cara penggantian kartu SIM 2G/3G Telkomsel ke 4G di atas bersifat gratis sehingga pengguna tidak akan dipungut biaya apa pun.

Bahkan Telkomsel akan memberikan bonus paket data 5 GB bagi setiap pelanggan yang baru saja berganti dari SIM 2G/3G ke 4G.

Baca juga: Operator Seluler Indonesia Disarankan Hapus Jaringan 2G dan 3G

Ada beberapa cara tukar SIM card 4G Telkomsel yang bisa dilakukan oleh pelanggan, berikut adalah beberapa di antaranya.

Tukar SIM card 4G Telkomsel dari website

Telkomsel menyediakan layanan online untuk menukar kartu SIM 2G/3G pengguna menjadi kartu 4G. Layanan tersebut dapat diakses dengan mengunjungi situs web resmi Telkomsel, tanpa perlu datang ke GraPari.

Berikut cara tukar SIM card 4G Telkomsel lewat website:

  • Buka web resmmi Telkomsel di URL tsel.me/usim.
  • Isi data pribadi yang diminta, seperti nomor Telkomsel, nama lengkap, alamat, serta e-mail.
  • Apabila proses pengajuan penukaran kartu SIM berhasil, Telkomsel akan mengirimkan kartu SIM 4G Telkomsel ke alamat yang dicantumkan pelanggan tadi.

Tukar SIM card 4G Telkomsel lewat GraPari

Telkomsel turut menyediakan layanan secara offline melalui gerai GraPari yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Tidak hanya menawarkan layanan customer service, GraPari juga memungkinkan pengguna untuk menukarkan uSIM 4G secara mandiri di mesin MyGrapari yg tersedia di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com