Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2022, 16:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler pelat merah Telkomsel mengumumkan akan melakukan migrasi seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G LTE secara bertahap, mulai tahun 2022 ini.

Tujuannya agar pelanggan dapat menikmati pengalami aktivitas digital yang lebih baik, dengan 4G LTE dibandingkan dengan layanan 3G.

Hal ini diungkapkan oleh Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel melalui sebuah keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (21/1/2022).

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE," kata Hendri.

Baca juga: Begini Cara Pinjam Pulsa Telkomsel via SMS, Aplikasi, dan USSD

Ia berharap, migrasi seluruh layanan dari jaringan 3G ke 4G ini dapat membuka peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dalam menikmati akses jaringan dengan teknologi terdepan secara setara dan merata.

Selain itu, rencana upgrade layanan 3G ke 4G Telkomsel ini juga sejalan dengan arahan pemerintah pada akhir Desember 2021 lalu, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), soal penghapusan sinyal 3G.

"Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri," kata Hendri.

Migrasi ini sedianya akan dilakukan secara bertahap pada seluruh layanan 3G di seluruh wilayah Indonesia.

Namun dalam pelaksanaannya, Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan, percepatan upgrade ini akan diprioritaskan untuk wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Namun Nugroho tidak menyebutkan secara spesifik wilayah Indonesia mana saja yang menjadi target prioritas migrasi layanan 3G ke 4G LTE.

Ia hanya menyebutkan, pelanggan Telkomsel di sektor ritel (B2C) bakal dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, ketimbang dengan layanan 3G.

Pengalaman digital yang dimaksud Nugroho meliputi streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE. Dengan jaringan 4G LTE, kata Nugroho, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menikmati layanan voice dan broadband secara bersamaan.

Baca juga: Operator Seluler Indonesia Disarankan Hapus Jaringan 2G dan 3G

Telkomsel mengatakan bahwa migrasi jaringan ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang. Untuk memastikan proses upgrade jaringan 3G ke 4G LTE di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik, Telkomsel mengaku sudah menyiapkan beberapa rencana.

"Mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal. Termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan," kata Nugroho.

Pelanggan 3G disarankan segera beralih ke 4G LTE

Kemasan baru Telkomsel Prabayar, hasil peleburan tiga brand layanan prabayar Telkomsel, yakni Simapti, kartu AS, dan Loop. Kemasan baru Telkomsel Prabayar, hasil peleburan tiga brand layanan prabayar Telkomsel, yakni Simapti, kartu AS, dan Loop.
Migrasi layanan 3G ke 4G LTE Telkomsel secara bertahap ini dimulai tahun 2022 ini. Itu artinya lambat laun sinyal 3G Telkomsel bakal dimatikan dan tak bisa digunakan lagi oleh pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com