Jumlah Pengguna Harian Snapchat Tumbuh Pesat Dibanding Facebook dan Twitter

Kompas.com - 22/04/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Layanan berbagai video, Snapchat menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat ketimbang dua paltform media sosial raksasa, Facebook dan Twitter. Setidaknya dalam aspek pengguna aktif harian rata-rata atau daily active user/DAU.

Dalam laporan keuangan untuk kuartal I-2022, pengguna aktif harian Snapchat tumbuh sebesar 18 persen, menjadi 332 juta pengguna aktif harian pada akhir Maret 2022.

Bila dilihat lebih jauh ke belakang, selama lima kuartal terakhir, pertumbuhan pengguna harian jejaring sosial berlogo Ghostface Chillah dengan latar berwarna kuning ini, juga dilaporkan konsisten berada di angka 20 persen atau lebih, sebagaimana dihimpun dari situs resmi Snap (induk Snapchat).

Baca juga: Remaja AS Lebih Pilih Tiktok dan Snapchat ketimbang Instagram-Facebook

Di kuartal IV-2021 lalu misalnya, DAU Snapchat dilaporkan meningkat sebesar 54 juta pengguna atau naik hingga 20 persen dibanding periode yang sama tahun 2020.

Peningkatan jumlah DAU itu menjadikan Snapchat memiliki 319 juta pengguna aktif harian pada akhir 2021.

Melihat data tersebut, angka pertumbuhan DAU Snapchat, terutama pada kuartal IV-2021, jauh lebih tinggi ketimbang Twitter dan Facebook. 

Hal ini membuat Snapchat tampil menjadi media sosial dengan pertumbuhan pengguna lebih cepat ketimbang pesaingnya, Twitter dan Facebook.

Baca juga: Snapchat Perkenalkan Spotlight, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Pertumbuhan DAU Twitter dan Facebook

Berdasarkan laporan keuangan Twitter untuk kuartal IV-2021, perusahaan media sosial yang didirikan Jack Dorsey ini dilaporkan hanya mencatatkan pertumbuhan rata-rata jumlah pengguna harian atau Monetizable Daily Active Users (mDAU) sebesar 2 persen untuk wilayah Amerika Serikat.

Namun bila dilihat secara global, pertumbuhan mDAU Twitter mencapai 15 persen. Per Desember 2021, Twitter memiliki rata-rata mDAU sebanyak 217 juta pengguna. 

Berbeda nasib dengan Snapchat dan Twitter, pengguna aktif harian Facebook justru dilaporkan menurun pada kuartal IV-2021. Pada tiga bulan terakhir tahun 2021 (Oktober, November, Desember), pengguna aktif harian Facebook tercatat 1,929 miliar orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.