Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - Diperbarui 25/10/2022, 14:45 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai aplikasi pesan instan yang sering digunakan, aplikasi WhatsApp tentu tidak terlepas dari berbagai gangguan atau error yang cukup mengganggu penggunanya. Salah satunya adalah pesan yang tidak dapat terkirim ke pengguna lain.

Penyebab WhatsApp tidak dapat mengirim pesan umumnya dikarenakan cache yang menumpuk, versi WhatsApp yang terlalu lama, atau bahkan aplikasi WhatsApp yang sedang down atau gangguan.

Lantas bagaimana agar WhatsApp dapat berjalan normal kembali? Untuk selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum beberapa penyebab WhatsApp tidak dapat mengirim pesan dan cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Aktifkan Two Step Verification WhatsApp biar Gak Mudah Kena Hack

Aplikasi tidak diperbarui

Umumnya WhatsApp akan meluncurkan beberapa pembaruan untuk aplikasinya di iOS dan Android. Namun pembaruan tersebut berjalan tergantung pada ponsel masing-masing pengguna apakah memperbarui secara otomatis atau manual.

Jika pembaruan dilakukan secara manual biasanya beberapa pengguna akan terlupa atau mengabaikan notifikasi pembaruan. Hal ini yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak berjalan dengan lancar dan menimbulkan beragam masalah. Salah satunya tidak dapat mengirim pesan.

Adapun cara mengatasinya tentu pengguna diharuskan untuk segera melakukan pembaruan aplikasi di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Nonaktifkan penghemat data

Salah satu penyebab aplikasi WhatsApp tidak dapat mengirim pesan, bisa jadi karena pengguna sedang mengaktifkan penghemat data.

Mode penghemat data yang aktif di ponsel Android atau iPhone menjadi penyebab aplikasi WhatsApp tidak berjalan dengan normal salah satunya pengguna yang tidak dapat mengirim pesan. 

Cara mengatasinya adalah pengguna harus menonaktifkan mode hemat data agar dapat mengirimkan pesan kembali. 

Data latar belakang yang tidak aktif

Penggunan data latar belakang yang aktif akan membuat pengguna dapat mengirim dan menerima pesan WhatsApp bahkan saat tidak menggunakan aplikasi.

Maka dari itu bagi Anda yang tidak dapat mengirim pesan bisa jadi pengaturan data latar belakang WhatApp tidak aktif.

Adapun cara mengaktifkannya adalah buka Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Penggunaan data > Geser toggle “Data latar belakang” ke kanan. Adapun pengaturan ini dilakukan di ponsel Android Xiaomi 11T.

Baca juga: 5 Cara Membuat WhatsApp Terlihat Offline padahal Sedang Online, Coba Trik Ini Saat Cuti

Membersihkan cache

Gangguan atau error yang terjadi pada WhatsApp seperti pengguna tidak dapat mengirimkan pesan bisa jadi karena cache aplikasi yang telah menumpuk dan menghambat kinerja aplikasi. Cobalah untuk menghapus cache aplikasi WhatsApp.

Untuk caranya buka Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan > Cache. Adapun pengaturan ini dilakukan di ponsel Android Xiaomi 11T.

Instal ulang aplikasi

Jika beberapa cara di atas telah Anda coba dan tidak ada perubahan, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi WhatsApp kemudian menginstal ulang di ponsel. Ini akan membuat aplikasi WhatsApp yang terpasang di ponsel menjadi versi terbaru dan kinerja aplikasi menjadi lebih lancar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com