Kompas.com - 18/05/2022, 07:53 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan industri penerbangan di Indonesia kembali pulih pada 2023 mendatang. Target ini setahun lebih cepat dibandingkan prediksi dari International Air Transport Association (IATA).

Hal itu disampaikan Menhub Budi Karya kepada sejumlah media dari Indonesia, di sela acara Changi Aviation Summit yang digelar di Sands Expo & Convention Centre, Singapura, Selasa (17/5/2022).

Menurut Budi Karya, salah satu persoalan yang masih harus diselesaikan saat ini adalah jumlah armada pesawat. Namun, masalah itu diharapkan selesai saat maskapai penerbangan menyelesaikan restrukturisasi pada 2022 ini.

"Jika itu (restrukturisasi) sudah diselesaikan maka akan lebih mudah bagi maskapai untuk mendatangkan pesawat dari pihak lessor," kata Budi Karya.

Seperti diketahui, efek pandemi membuat sejumlah maskapai besar di Indonesia, seperti Garuda Indonesia dan Lion Group, mengembalikan pesawat-pesawat mereka ke pihak lessor, karena tidak mampu untuk membiayai sewa pesawat lagi.

Dengan demikian, jumlah pesawat yang beroperasi lebih sedikit, sehingga belum banyak rute-rute penerbangan yang dibuka.

Baca juga: Resmi Dibuka, Changi Aviation Summit Jadi Momentum Kebangkitan Penerbangan

Di sisi lain, pasca-Lebaran 2022 lalu, jumlah penumpang terus meningkat, hal itu ditandai oleh jumlah pergerakan pesawat yang diklaim Kemenhub makin naik. Bandara Soekarno-Hatta yang biasanya 1.200 pergerakan pesawat per hari, sekarang ini sudah mencapai 1.070 pergerakan pesawat per hari.

"Dari H-3 Lebaran sampai sekarang terus tidak turun dari 1.070 pergerakan pesawat," kata Budi Karya.

Selain restrukturisasi dari pihak maskapai, kebutuhan pesawat juga dikatakan Budi Karya akan tercukupi karena saat ini minat lessor untuk memberikan pesawat mereka ke Indonesia sudah ada.

"Tanda-tanda mereka mau suplai pesawat itu kuat sekali," ujarnya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.