Kompas.com - 18/05/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan smartphone baru bertajuk Oppo A16K di Indonesia. Smartphone ini menjadi suksesor dari Oppo A16 yang diluncurkan pada Juli 2021 dan A16e yang rilis maret lalu.

Dibanding pendahulunya, Oppo A16K diklaim tampil dengan desain yang baru bahkan lebih stylish dan ramping. Selain itu, A16K juga menawarkan daya tahan yang mumpuni berkat sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan dari cipratan air.

"Hari ini, kami luncurkan suksesornya (Oppo A16 dan A16e), Oppo A16K, yang tentunya juga menawarkan berbagai teknologi dan harga yang sudah sesuaikan dengan target pasarnya," kata Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Oppo A16K Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

"Oppo A16K menawarkan fleksibilitas penggunaan smartphone dalam kondisi apapun berkat uji kualitas ketat dan juga kemampuannya terhadap ciptaran air melalui sertifikasi IPX4," imbuhnya.

Spesifikasi Oppo A16K

Spesifikasi A16K sedikit meningkat dari pendahulunya, utamanya dari segi desain. Ponsel ini tampil dengan desain yang lebih ramping ketimbang Oppo A16.

Meski sama-sama dibekali layar berukuran 6,52 inci resolusi HD+, tebal Oppo A16K hanya 7,85 mm, lebih tipis dibanding Oppo A16 yang punya ketebalan 8,4 mm. Bobotnya hanya 175 gram, lebih ringan dibanding A16 yang beratnya mencapai 190 gram.

Dengan kombinasi tersebut, smartphone ini diklaim menawarkan kenyamanan genggaman meskipun dioperasikan dengan satu tangan.

Beralih ke aspek dapur pacu, Oppo A16K ditenagai oleh chipset Helio G35 buatan MediaTek. Chip ini dirancang dengan arsitektur 12 nm dan memiliki CPU berkecepatan hingga 2,3 GHz dan GPU PowerVR GE8320.

Baca juga: Oppo Bikin Tablet Kelas Menengah Oppo Pad Air, Ini Bocoran Spesifikasinya

Chip ini dipasangkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Pengguna bisa memperluas penyimpanannya menggunakan microSD yang mendukung hingga kapasitas 1 TB.

Oppo juga menanamkan baterai berkapasitas 4.230 mAh untuk menunjang daya tahan A16K, yang turut dilengkapi fitur-fitur lain, seperti Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, dan Super Power Saving Mode agar proses pengisian ulang baterai lebih aman.

Beralih ke aspek kamera, Oppo A16K dibekali utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Tak ketinggalan, smartphone ini juga dilengkapi sejumlah fitur penunjang fotografi meliputi fitur HDR Backlight untuk menunjang pengambilan foto saat cahaya latar belakang kuat maupun saat cahaya pada objek foto cukup redup.

Baca juga: Daftar HP Oppo yang Kebagian Android 13 Beta 2 dan Cara Updatenya

Ada pula tiga filter malam baru, AI beautification, hingga AI Pallete yang mampu mengubah foto dengan gaya gambar referensi populer di media sosial dalam satu klik.

Oppo A16K berjalan dengan sistem operasi Android 11 dan antarmuka ColorOS 11.1. Antarmuka tersebut membawa fitur FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas.

Selain itu, OS ini dibekali fitur Background Stream yang diklaim akan memberikan
pengalaman baru tanpa gangguan bagi pengguna yang ingin menikmati musik atau video pada latar belakang.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Oppo Reno 8 Pro+, Pakai Dimensity 8100-Max

Fitur lainnya yang turut melengkapi Oppo A16K yaitu sertifikasi IPX4 yang membuat smartphone lolos uji ketahanan cipratan air.

Oppo turut melengkapi smartphone ini dengan penambahan heatsink grafit agar suhu perangkat tetap stabil, terutama saat main game atau streaming agar ponsel tidak cepat panas.

Harga Oppo A16K

Harga Oppo A16K di Indonesia adalah Rp 2.199.000. Ponsel ini tersedia dalam warna hitam serta putih. Pengguna bisa mendapatkan Oppo A16K secara daring melalui aplikasi Oppo Store yang terpasang di seluruh smartphone Oppo atau Oppo Official Store di marketplace rekanan Oppo.

Baca juga: Cara Buka 2 Aplikasi Berdampingan di Oppo A16

Smartphone ini juga akan tersedia secara luring di Oppo Store dan juga toko–toko yang menjual perangkat Oppo di seluruh Indonesia. 

Jika Anda tertarik membeli smartphone ini, ada baiknya menilik kembali spesifikasi Oppo A16K serta harganya dalam tabel berikut:

Spesifikasi Oppo A16K
Layar LCD 6,52 inci waterdrop, resolusi HD+ (1600 x 720)
Dimensi dan bobot

16.4 x 75.4 x 7.85 mm

Bobot 175 gram

Chipset

MediaTek Helio G35 (12 nm)

CPU berkecepatan hingga 2,3 GHz

GPU PowerVR GE8320

RAM dan memori 4 GB/64 GB
Kamera belakang 13 MP
Kamera depan 5 MP
Baterai 4230 mAh, fast charging 10 watt

Sistem operasi dan UI

Android 11, ColorOS 11.1
SIM dan microSD Dual nano-SIM, microSD sampai 1 TB
Fitur lainnya Pengenal wajah, sertifikasi tahan cipratan air IPX4
Warna Hitam, Putih
Harga Rp 2.199.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.