Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Layar Smartphone Perlu Dipasang Tempered Glass?

Kompas.com - 22/05/2022, 14:10 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Saat membeli HP (handphone) baru biasanya pengguna bakal melengkapinya dengan membeli beberapa aksesoris tambahan, salah satunya seperti Tempered Glass atau biasa juga disebut dengan Screen Guard/Screen Protector.

Aksesoris tersebut umumnya berbahan dasar kaca tipis atau plastik yang direkatkan ke bagian layar HP. Tempered Glass dipakai untuk melapisi layar HP supaya tidak mudah tergores dan retak bila berbenturan dengan benda keras atau tajam.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Penawaran perlindungan dari produk Tempered Glass ini cukup menarik, mengingat layar punya peranan yang vital dalam pengoperasian HP, apalagi untuk HP dengan layar sentuh (touch screen).

Namun, adanya aksesoris tambahan Tempered Glass semacam itu bukan berarti layar HP tidak memiliki teknologi pengaman. Pabrikan HP kini kebanyakan telah membekali produknya dengan teknologi pengaman layar.

Kebanyakan HP yang diedarkan saat ini, terutama untuk kategori smartphone, layarnya telah dilapisi dengan kaca keras untuk meminimalisir kerusakan saat jatuh atau terbentur benda keras.

Salah satu jenis kaca layar yang cukup banyak dipakai di beberapa smartphone berbasis Android adalah Gorilla Glass buatan perusahaan Corning. Gorilla Glass mampu melindungi layar HP dari goresan dan retakan.

Gorilla Glass sendiri juga memiliki beberapa jenis. Untuk jenis yang terbaru, Gorilla Glass Victus, diklaim Corning mampu bertahan dengan baik saat diuji dijatuhkan ke permukaan yang keras dan kasar setinggi sekitar 1,8 meter.

Dalam pemakaian normal sehari-hari, teknologi kaca semacam itu bisa dikatakan sangat cukup untuk melindungi layar HP dari goresan atau benturan. Dengan demikian, apakah HP perlu pakai Tempered Glass?

Fitur pada Tempered Glass umumnya menawarkan perlindungan pada layar HP dari benturan atau goresan. Selain itu, terdapat pula pengaruh tempered glass pada HP yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasangnya.

Efek pasang Tempered Glass

Tempered Glass memiliki beberapa efek samping yang mungkin bakal cukup mengganggu pengalaman pengguna dalam mengoperasikan layar smartphone. Efek ini juga berkaitan dengan kualitas dari jenis Tempered Glass yang digunakan.

Pertama, Screen Protector yang berbahan dasar plastik akan cenderung membuat sentuhan menjadi terasa kesat dan kurang nyaman. Kemudian, Tempered Glass yang terlalu tebal bakal mempengaruhi responsivitas sentuhan layar.

Efek pasang Tempered Glass yang berikutnya adalah layar HP bisa jadi tak sedap dipandang. Warna Tempered Glass bisa menguning seiring lamanya pemakaian dan akhirnya bisa berpengaruh pada tampilan layar HP.

Keempat, apabila Tempered Glass tidak terpasang dengan baik, biasanya bakal menimbulkan gelembung udara di layar, sehingga bakal bisa mengganggu pandangan pula, sebagaimana dilansir How to Geek.

Mengingat teknologi kaca saat ini cukup untuk melindungi layar HP, membeli Tempered Glass bukanlah suatu kewajiban. Kaca layar HP saat ini cukup dapat diandalkan bila digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Baca juga: Kenapa Ponsel Lawas Perlu Di-reset? Begini Alasannya

Kunci atau uang koin mungkin akan sangat sulit untuk membuat goresan di layar HP kini. Mungkin Tempered Glass baru dibutuhkan saat Anda sering bergelut dengan benda-benda tajam dan sangat keras, seperti berlian.

Teknologi kaca layar HP seperti Gorilla Glass, masih bisa tergores dan retak bila berbenturan dengan berlian. Itulah informasi seputar pemasangan Tempered Glass pada layar HP, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com