Kompas.com - 21/06/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah peneliti DigiHealth Lab di University of California (UC) San Diego membuat aplikasi yang mampu mendeteksi penyakit Alzheimer.

Dalam praktinya, aplikasi ini memanfaatkan kamera inframerah pada kamera depan ponsel Pixel 4 untuk mendeteksi penyakit tersebut.

Secara teknis kamera Pixel 4 digunakan untuk mengukur respons pupil mata seseorang. Sebab, mata terhubung ke banyak bagian otak. Respons pupil seolah menjadi jendela bagi peneliti untuk melihat bagaimana gambaran kognitif seseorang.

Dengan demikian, praktik ini dinilai dapat membantu aplikasi mendeteksi Alzheimer dan penyakit lainnya.

Dalam video yang diunggah The Verge, sebuah alat ditempelkan pada Pixel 4 untuk menempatkan mata ke dekat kamera inframerah. Pengguna diminta melihat ke arah kamera, sembari berkedip sesekali, kemudian aplikasi akan merekam respons pupil dan menganalisisnya di laboratorium.

Baca juga: Aplikasi Zoom Bakal Tak Bisa Lagi Dipakai di Chromebook

Hasilnya, akan terlihat dalam sebuah grafik yang menunjukkan perubahan respons pupil dari waktu ke waktu. Namun hasil ini tidak ditampilkan dalam aplikasi karena perlu diolah terlebih dahulu di laboratorium.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit otak yang berpengaruh pada penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara hingga perubahan perilaku.

Alzheimer dan penyakit saraf lain agak cukup sulit dideteksi. Alat untuk mengukur gerakan pupil atau disebut pupilometer juga dibanderol cukup mahal seharga 9.000 - 10.000 dollar AS atau setara Rp 133 juta - Rp 148 juta.

Oleh karena itu, para peneliti mencari cara baru dengan memanfaatkan teknologi yang mudah dijangkau orang-orang seperti smartphone untuk memantau kesehatannya.

Baca juga: Cara Top Up GoPay lewat Aplikasi BRImo

Profesor Edward Wang yang memimpin proyek penelitian ini berkata bahwa ia ingin meningkatkan akses alat kesehatan digital ke lebih bayak orang, terutama mereka yang mungkin tidak mampu membeli smartwatch atau alat canggih penunjang kesehatan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.