Instagram Umumkan Cara Baru untuk Menambah Pemasukan Kreator Konten

Kompas.com - 30/06/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Instagram terus menambahkan cara baru agar kreator konten (content creator) mendapatkan uang dari platform Instagram.

Setelah program Reels Play untuk mendapatkan uang dari Reels dan fitur Badges untuk mendapat uang dari Live Streaming Instagram, kini, CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan tiga cara baru.

"Pertama adalah marketplace kreator. Sekarang konten bermerek adalah industri bernilai miliaran dolar di Instagram. Begitulah cara banyak pembuat konten menghasilkan uang di seluruh dunia," kata Mosseri dalam sebuah video yang diposting di akun Twitter pribadinya dengan handle @mosseri.

Nah, menurut Mosseri, marketplace kreator (creator marketplace) ini bakal menjadi tempat khusus di dalam aplikasi Instagram, di mana brand dan kreator dapat saling bertemu dan mencari peluang untuk kerja sama.

Dalam sebuah unggahan di situs resmi Meta (induk Instagram), creator marketplace Instagram ini akan diuji coba dalam waktu dekat.

Nantinya, brand dapat mengirimkan proposal kerja sama. Proposal itu berisi deskripsi dan detail proyek kerja sama, termasuk nominal pembayaran yang ditawarkan.

Meta juga berencana menguji skema pembayaran langsung di dalam aplikasi. Sehingga brand dapat membayar content creator langsung melalui Instagram saat proyek selesai.

Baca juga: Influencer Keluhkan Pendapatan dari Instagram Reels Turun Drastis

Reels Instagram bisa tampil di Facebook

Cara baru yang kedua agar kreator konten Instagram bisa mendapatkan uang adalah dengan peningkatan pada Reels.

Mosseri mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, Reels Instagram yang memenuhi syarat sudah bisa ditampilkan di Facebook.

"Apa yang kami umumkan hari ini adalah kemampuan untuk secara proaktif mem-posting Reel Instagram Anda ke Facebook," kata Mosseri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.