Pengguna Instagram Kini Bisa Belanja dan Bayar via Chat di DM IG

Kompas.com - 19/07/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg memperkenalkan fitur baru Instagram (IG), bernama fitur “Payments in Chat”. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi langsung di dalam direct message (DM) Instagram.

Dengan begitu, pengguna Instagram dan pelaku usaha yang memasarkan produknya lewat Instagram, tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk bertransaksi.

Pengumuman fitur baru ini diunggah Zuckerberg melalui Instagram pribadinya dengan handle @zuck, Senin (18/7/2022). Zuckerberg menuliskan bahwa fitur pembayaran tersebut sudah bisa digunakan hanya dengan beberapa ketukan saja.

Baca juga: Kreator di Instagram Bisa Bikin Post yang Hanya Bisa Dilihat Subscriber

Untuk saat ini, fitur Payment in Chat baru tersedia di Amerika Serikat saja.

“Anda (pengguna Instagram) sudah dapat membeli produk dari usaha kecil dan melacak pesanan Anda di dalam obrolan di Instagram di Amerika Serikat. Bayar dengan Meta Pay dan checkout dalam beberapa ketukan.” tulis Zuckerberg dalam pengumuman tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna Instagram bisa mengirim pesan melalui DM ke toko tertentu untuk membeli produk.

Secara umum, langkah pengiriman pesan di Instagram untuk transaksi, sebenarnya masih sama dan tidak jauh berbeda dengan chatting via DM IG seperti biasa. Pengguna tinggal mengetuk ikon “Direct Message” yang terletak di bawah unggahan akun atau mengetuk tombol “Message” yang terdapat di laman “Profile” akun bisnis.

Baca juga: Bukan Google, Gen Z Lebih Suka Googling di TikTok dan Instagram

Perbedaannya hanya terletak pada fitur pembayaran yang bisa dilakukan langsung di dalam obrolan. Pengguna juga bisa melacak pesanan yang dipesan hingga mengajukan pertanyaan seputar produk lewat DM Instagram, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Hasil tangkapan layar fitur Payments in Chat di Instagram dari sisi pembeli (Sumber: Meta)Meta Hasil tangkapan layar fitur Payments in Chat di Instagram dari sisi pembeli (Sumber: Meta)
Dari gambar tersebut, bisa diketahui ada akun yang bertanya tentang produk baju yang ingin dibeli.

Saat pembeli setuju untuk membeli produk tersebut, penjual tersebut akan mengirim permintaan pembayaran. Permintaan tersebut akan dihadirkan bersama tombol “Pay” atau “Bayar”.

Baca juga: Ramai Scan E-KTP di Instagram Bisa Timbul Hologram, Begini Cara Membuatnya

Halaman:
Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.