Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Perluas Sinyal 5G di Bali Dukung G20

Kompas.com - 09/08/2022, 16:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan Telkomsel terhadap rangkaian kegiatan G20 (Group of 20) di Bali, Telkomsel telah menambah dan memperluas cakupan jaringan 5G mereka, guna menghadirkan akses jaringan broadband.

Penambahan dan perluasan cakupan jaringan 5G Telkomsel dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali.

Dengan demikian, diharapkan seluruh delegasi bisa memiliki pengalaman aktivitas digital yang prima, selama mengikuti rangkaian kegiatan, hingga puncak kegiatan G20 di Bali pada November 2022 nanti.

Baca juga: Telkomsel Sediakan 2.500 Kartu Perdana Turis untuk ASEAN Para Games 2022

Adapun sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali yang kini diselimuti jaringan 5G Telkomsel adalah Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kawasan ITDC Nusa Dua, Apurva Kempinski, Anvaya Resort, Alila Uluwatu, dan Bali Turtle Island Development.

Selain jaringan 5G, Telkomsel mengoptimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 130 BTS broadband, termasuk tambahan 46 BTS 4G/LTE dan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT) guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi di sejumlah area.

Lokasi-lokasi tersebut seperti area penginapan, lokasi acara, titik-titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, hingga tempat destinasi wisata.

Mobile BTS Telkomsel di Nusa Dua, Bali demi mendukung gelara G20.Dok Telkomsel Mobile BTS Telkomsel di Nusa Dua, Bali demi mendukung gelara G20.

Telkomsel sendiri sebagai perusahaan telekomunikasi digital pertama yang menggelar jaringan dan layanan 5G pertama di Indonesia, telah menghadirkan layanan 5G di Bali sejak 2021.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan bahwa rangkaian kegiatan G20 di sepanjang tahun ini dan Presidensi Indonesia untuk pertama kalinya merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk menunjukkan berbagai potensi yang ada kepada dunia.

"Dengan perluasan jaringan 5G di Bali, kami ingin memastikan kapabilitas ekosistem teknologi digital yang dimiliki Indonesia mampu membuka peluang kemajuan bersama," kata Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (9/8/2022).

Pekerja memasang peralatan BTS Mobile Telkomsel di Nusa Dua, Bali.Dok Telkomsel Pekerja memasang peralatan BTS Mobile Telkomsel di Nusa Dua, Bali.

Selain persiapan untuk puncak kegiatan G20 pada November 2022 di Bali, Telkomsel bersama sejumlah pelaku bisnis di sektor digital juga akan mendukung kegiatan Digital Economy Working Group (DEWG G20) yang digelar oleh Kemenkominfo di Nusa Dua, Bali pada 29-30 Agustus mendatang.

Baca juga: Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel lewat Tokopedia, Shopee, dan JDid

Pada DEWG G20 di Bali tersebut, Telkomsel berencana menggelar showcase pemanfaatan teknologi jaringan 5G, terutama dalam mendukung revolusi Industri 4.0 serta tiga isu prioritas DEWG G20 yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

“Kami berharap Presidensi G20 ini dapat menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk membuka dan memaksimalkan seluruh potensi dalam berbagai hal, sekaligus mendukung visi Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di dunia," tutup Nugroho.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com