Apakah Tipe USB yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia Saat Ini?

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2022, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Kebutuhan Universal Serial Bus (USB) saat ini kian masif. Secara umum, USB adalah jenis kabel dan konektor yang digunakan untuk menghubungan beberapa jenis perangkat keras.

Misalnya, menghubungkan ponsel ke komputer, menghubungkan kompoter dengan mouse atau keyboard, menghubungkan ke penyimpanan data eksternal, dan lain sebagainya.

Nah, karena semakin banyak digunakan, perusahaan pembuat media penyimpanan data, Western Digital (WD) melakukan riset USB mana yang saat ini banyak digunakan. Lebih spesifik, penelitian Western Digital mencakup penggunaan, preferensi, dan kesadaran terhadap USB flash drive dari berbagai negara.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi USB device not recognized” di Windows 10

Survei ini dilakukan menggunakan metode wawancara kualitatif di tujuh negara berbeda, yakni Amerika Serikat, Inggris, Jerman, China, India, Korea, dan Indonesia. Responden yang terlibat sebanyak 3.500 orang dengan rentang usia 18-65 tahun.

Secara global, USB masih populer digunakan sebagai media penyimpanan, dibandingkan jenis penyimpanan lain.

Spesifik di Indonesia, Western Digital menemukan bahwa 100 persen responden memiliki USB dengan rata-rata sekitar tiga USB per orang.

Sebanyak 79 persen responden disebut berencana membeli USB di tahun 2022, dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain seperti hard disk drive (HDD) eksternal dengan persentase 67 persen.

Lalu, sebanyak 65 persen mengaku berencana membeli solid state drive (SSD) internal, 64 persen berencana membeli SSD eksternal, dan 51 persen alinnya akan membli Network-attached storage (NAS).

Baca juga: iPad Murah dengan USB-C Meluncur Tahun Ini?

Sedangkan untuk tipe colokannya, responden Indonesia lebih cenderung memiliki USB tipe-A dengan konektor tunggal sebesar 41 persen, disusul oleh USB-C konektor tunggal 19 persen, USB-A konektor ganda 17 persen, USB-C konektor ganda 15 pesen, dan USB-C tipe lightning (seperti iPhone) 8 persen.

Meskipun penggunaan USB-A jumlahnya lebih tinggi dibandingkan USB-C, Western Digital menemukan bahwa 71 persen responden kemungkinan besar akan memilih USB-C bakal sebagai opsi pembelian berikutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.