Kompas.com - 02/09/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan untuk iPhone dan iPad model lawas. Pembaruan ini hadir memuat dukungan perbaikan kerentanan iPhone dan iPad lawas, seperti dirilis Apple untuk beberapa perangkat baru perusahaan.

Perangkat lawas yang kebagian pembaruan ini yaitu perangkat yang hanya bisa update OS mentok sampai iOS 12. Rincian perangkatnya meliputi:

Bagi Anda pengguna perangkat model di atas dianjurkan untuk segera menginstal pembaruan atau mengecek menu pengaturan untuk memeriksa update iOS versi 12.5.6.

Baca juga: 4 Penyebab serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Update WhatsApp di Android dan iOS

Adapun kerentanan keamanan yang ditambal dalam pembaruan ini terdiri dari dua macam, akan tetapi keduanya sama-sama berupaya mendapatkan akses penuh ke produk Apple yang berjalan dengan OS lawas.

Kerentanan pertama memengaruhi WebKit yang menggerakkan peramban Safari. Kedua yaitu kerentanan yang menargetkan kernel, yaitu inti sistem operasi dan berpeluang memberikan kendali penuh akan sistem yang terkait.

Menurut Apple, praktik eksploitasi bisa dilakukan hacker dengan meminta pengguna mengunjungi konten web yang dirancang khusus dengan tujuan jahat. Dari situ, peretas bisa meluncurkan kode dan menyerang pengguna.

Apple juga menyatakan bahwa praktik tersebut dijalankan secara aktif oleh peretas, sehingga menyarankan pengguna untuk segera melakukan pembaruan.

Kerentanan ini awalnya ditemukan oleh peneliti keamanan anonim yang melaporkan temuannya ke Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tak Update iOS pada iPhone? Begini 3 Dampaknya

Pembaruan iOS 12.5.6 sendiri memiliki ukuran sebesar 275,5 MB. Pengguna perangkat iPhone dan iPad lawas sedianya sudah mendapat notifikasi pembaruan.

Namun apabila Anda belum menemukannya, pembaruan itu Anda dapat diperiksa melalui menu Pengaturan/Settings > General > Software Update. Dari situ, Anda akan mendapati informasi versi OS yang digunakan.

Dilansir dari Apple Insider, pembaruan iOS 12.5.6 merupakan pembaruan pertama iOS 12 sejak September 2021. Saat itu Apple menambal masalah yang memungkinkan PDF< konten web dan aplikasi yang diranjang dengan misi jahat untuk mengeksekusi kode.

Apple sendiri sebenarnya sudah menghadirkan tambalan kerentanan WebKit dan kernel OS-nya melalui iOS 15.6.1. Namun beberapa perangkat lawas yang di sebutkan di atas tidak dapat update ke iOS 15. Untuk itu perusahaan menghadirkan pembaruan melalui iOS 12.5.6.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.