Reno 7 Antarkan Oppo Jadi Penguasa Pasar Ponsel Indonesia

Kompas.com - 21/09/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Oppo kembali menjadi vensor ponsel dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia pada kuartal II-2022, berdasar laporan firma riset IDC (International Data Corporation) yang diterbitkan belum lama ini.

Berdasarkan riset IDC, selama kuartal II-2022, Oppo mengirimkan total 2 juta unit perangkat dan meraih pangsa pasar 20,6 persen. Angka ini naik 1,5 persen bila dibandingkan dengan pangsa pasar Oppo pada kuartal yang sama tahun 2021.

Performa tersebut mengantarkan Oppo menjadi merek teratas dari daftar 5 besar vendor smartphone Indonesia kuartal tersebut.

IDC juga menyebutkan bahwa pencapaian Oppo pada kuartal ini didongkrak oleh smartphone kelas menengah, di antaranya Oppo A96 dan Reno7. Reno7 series juga berkontribusi menggenjot pangsa pasar perangkat 5G Oppo di Indonesia.

Baca juga: IDC: Geser Samsung, Oppo Vendor Ponsel Nomor Satu di Indonesia

“Apa yang dicatatkan firma IDC sangat selaras dengan data internal kami, memang kami melihat adanya kenaikan market share perangkat 5G berkat kehadiran lini seri Reno 7, di mana ada dua perangkat 5G pada lini seri ini," kata Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Rabu (21/9/2022).

Aryo juga menyatakan bahwa perangkat kelas menengah Oppo berkontribusi cukup besar bagi perusahaan di pasar smartphone Indonesia dengan persentase 30-40 persen. Senada dengan IDC yang menyebutkan bahwa 46,9 persen dari total pengiriman smartphone Oppo pada kuartal II-2022 berasal dari ponsel kelas menengah.

Ke depannya Oppo optimistis mampu meningkatkan pangsa pasar perangkat 5G di Indonesia. Pasalnya, perusahaan asal China itu sudah meluncurkan Reno 8 series dengan tiga model ponsel yang didukung 5G, yaitu Reno 8 5G Reno 8 Z 5G dan Reno 8 Pro 5G .

Selain perangkat 5G, Aryo juga berkata perusahaannya akan menghadirkan sejumlah perangkat segmen menengah guna meningkatkan pangsa pasarnya di Indonesia.

"Untuk memperkuat pasar pada kuartal mendatang, OPPO siap menghadirkan beberapa kelas menengah yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” ujar Aryo.

Baca juga: Membuka Kotak dan Menjajal Oppo Reno 7 4G

Adapun perangkat lain selain smartphone yang sudah disiapkan Oppo untuk meramaikan pasar Indonesia antara lain perangkat IoT berupa gelang kesehatan OPPO Band 2 dan tablet pertama OPPO Pad Air yang diperkirakan akan diperkenalkan pada kuartal akhir 2022.

5 besar vendor ponsel di Indonesia kuartal II-2022

Menurut laporan IDC, Oppo menempati urutan teratas dari daftar 5 vendor terbesar di Indonesia pada kuartal II-2022 dengan pangsa pasar 20,6 persen.

Pencapaian Oppo pada kuartal tersebut membuat merek ini melampaui empat vendor lainnya termasuk Samsung serta Xiaomi.

Dalam laporan pasar smartphone Indonesia kuartal II-2022 yang dirilis IDC, 5 besar vendor ponsel di Indonesia pada kuartal II-2022 secara berturut-turut adalah:

Vendor Pengiriman (juta unit) Pangsa pasar
Oppo 2,0 20,6 %
Samsung 1,9 20,2 %
Vivo 1,7 17,8 %
Xiaomi 1,5 15,6 %
Realme 1,2 12,1 %
Lain-lain 1,3 13,7 %
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.