Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Keyboard Getar di iOS 16 Bikin Boros Baterai

Kompas.com - 22/09/2022, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru iPhone, iOS 16, telah diperkenalkan oleh Apple di awal September. Fitur dan peningkatan baru yang dibawa, seperti memodifikasi lock screen, persentase baterai, hingga dapat berbagi tab Safari dengan pengguna lain.

Selain fitur baru di atas, Apple juga menghadirkan beberapa fitur minor di iOS 16. Salah satunya adalah fitur haptic keyboard. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk merasakan “sensasi getaran” pada keyboard perangkat saat mengetik sesuatu.

Bagi pengguna yang sering menggunakan keyboard, kehadiran fitur ini mungkin menjadi sesuatu yang baru. Kendati begitu, muncul kabar bahwa fitur haptic keyboard tersebut dapat berpengaruh pada baterai perangkat.

Baca juga: iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

Informasi tersebut diungkap langsung oleh Apple dalam blog resminya. Apple menyatakan bahwa pengguna yang mengaktifikan fitur getaran pada keyboard dapat memengaruhi daya tahan baterai.

Namun, perusahaan tidak merinci lebih lanjut seberapa besar fitur tersebut dapat berdampak pada daya tahan baterai. Sebab, Apple hanya menuliskan “menyalakan getaran pada keyboard mungkin dapat berdampak pada daya tahan baterai,” di Apple.com.

Korelasi antara fitur getaran tersebut dan daya tahan baterai dinilai masuk akal. Sebab, untuk menciptakan getaran ketika keyboard disentuh, hal tersebut tentunya akan membuat baterai bekerja lebih keras, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDA Developers, Kamis (22/9/2022).

Oleh karena itu, bila pengguna ingin menghemat daya baterai supaya lebih tahan lama, fitur tersebut bisa dinonaktifkan di Settings (Pengaturan).

Selain fitur haptic keyboard, ternyata ada juga fitur lain yang sempat dikeluhkan pengguna karena dapat mengurangi persentase baterai. Fitur tersebut adalah penggunaan fitur wallpaper yang bertema astronomi.

Baca juga: Mengapa Tombol F dan J di Keyboard Ada Tonjolan?

Wallpaper astronomi sendiri merupakan salah satu koleksi wallpaper yang dimiliki iPhone iOS 16. Seperti namanya, wallpaper tersebut memiliki desain luar angkasa/gambar bumu, bulan, dan gugusan planet dalam tata surya.

Nah, yang menyebabkan fitur tersebut mengurasi banyak daya adalah, wallpaper tersebut bekerja memanfaatkan fitur GPS di iPhone untuk menunjukkan lokasi pengguna secara langsung (real-time).

Untuk menghindari masalah tersebut pengguna bisa mematikan fitur GPS tersebut di bagian “Pengaturan”. Artikel selengkapnya, bisa klik di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com