Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Nostalgia dengan Instagram Versi Lama? Coba Aplikasi Ini

Kompas.com - 28/09/2022, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Instagram sempat dikeluhkan sejumlah pengguna karena tampilannya berubah signifikan. Publik figur seperti Kim Kadarshian dan Kylie Jenner pun ikut mengeluhkan tampilan Instagram yang konon semakin mirip TikTok.

Banyak pengguna Instagram mengeluh konten yang muncul di beranda, semakin banyak berasal dari akun yang tidak mereka ikuti. Sebaliknya, konten dari teman, kerabat, atau akun yang mereka ikuti (follow) semakin jarang muncul di feed Instagram.

Perubahan ini membuat banyak pengguna berpikir bahwa Instagram kehilangan "rohnya" sebagai aplikasi berbagai foto dan video, sebagaimana di awal eksistensinya.

Baca juga: Kylie Jenner dan Ribuan Orang Protes Tampilan Instagram yang Baru

Menjawab kegelisahan pengguna Instagram itu, pengembang bernama Ansh Nanda dan Hardik Patil dari Un1feed, membuat aplikasi bernama OG App. Aplikasi ini dirancang mirip seperti Instagram versi lawas, tanpa iklan serta bebas dari konten rekomendasi.

Alih-alih menjadi aplikasi media sosial baru, OG App justru menjadi aplikasi Instagram "alternatif". Jadi, pengguna bisa login ke OG App dengan akun Instagram yang sudah ada.

Kemudian mereka akan mendapati tampilan feed sebagaimana versi orisinil Instagram beberapa tahun lalu.

Misalnya, di versi OG App, sisi bawah beranda hanya memuat ikon "beranda/home", pencarian/explore", "disukai/like", dan profil. Tampilan itu tentu berbeda dengan Instagram saat ini, di mana menu "like" digantikan Reels dan Instagram Shop.

Di OG App, pengguna juga disebut tidak akan mendapati iklan atau konten rekomendasi yang muncul secara acak.

Baca juga: Diprotes Makin Mirip TikTok, Instagram Melunak

Tampilan OG AppUn1feed Tampilan OG App

Selain itu, OG App juga memungkinkan pengguna mengatur konten feed yang tampil dalam aplikasi. Misalnya feed yang hanya menampilkan konten tentang makanan, selebriti, film dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga memiliki opsi untuk menghentikan penyegaran (refresh) beranda selama 24 jam. Fitur lain yang menarik, pengguna bisa menyembunyikan Reels, dan memunculkannya lagi jika diinginkan.

Meskipun pengguna login dengan akun Instagram yang sudah dimiliki, OG App mengatakan mereka tidak akan melihat kredensial, password, atau data pengguna Instagram lain.

OG App menggunakan teknik reverse-engineered (rekayasa balik) di API Instagram. Sederhananya, teknik ini dilakukan dengan "mengoprek" lalu membuat ulang sebuah software tanpa melihat dokumen atau gambar yang sudah ada.

Jadi, kemungkinan tampilan Instagram versi OG App akan lebih mirip Instagram versi Android ketimbang iOS.

Baca juga: Beda Respons Zuckerberg dan Bos Instagram soal Kritikan Tampilan IG yang Semakin Mirip TikTok

Bikin OG App karena Instagram dinilai rumit

Ansh Nanda dan Hardik Patil bergabung dengan Un1feed pada Juni lalu. Sejak saat itu, keduanya mengerjakan aplikasi OG App dengan misi memberikan pengalaman yang "bersih" dari iklan maupun rekomendasi.

Nanda dan Patil memilih Instagram pada OG App karena menurut mereka Instagram punya feed yang begitu rumit dan dipenuhi iklan. Keduanya lantas berkeinginan mengembalikan kontrol feed Instagram yang lebih besar ke pengguna melalui OG App.

Halaman:
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com