Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PUBG Mobile" Digelar di Esports World Cup Riyadh, Hadiah Rp 47 Miliar

Kompas.com - 12/03/2024, 18:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Game battle royale PUBG Mobile dipastikan akan menjadi salah satu e-sports yang dipertandingkan di Esports World Cup (EWC) 2024 atau Piala Dunia E-sports di Ryadh, Arab Saudi. Kompetisi bergengsi ini akan digelar pada musim panas 2024 atau sekitar Juli hingga Agustus mendatang.

PUBG Mobile bergabung dengan beberapa game lainnya yang sudah dikonfirmasi bakal hadir di EWC 2024, seperti Free Fire, Honor of Kings, Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), dan masih banyak lagi.

Total hadiah (prize pool) yang ditawarkan di game PUBG Mobile adalah 3 juta dollar AS atau sekitar Rp 47 miliar.

Adapun turnamen EWC 2024 ini akan menggantikan PUBG Mobile World Invitational (PMWI) sebagai kompetisi tengah musim permainan tersebut. Ini menjadi keempat kalinya PMWI digelar sejak tahun 2021.

Pada PMWI 2021, tim asal Thailand Valdus Esports menyabet titel juara East Division, sedangkan tim asal Brasil Alpha7 Esports keluar sebagai pemenang West Division.

Kemudian pada tahun 2022, Vampire Esports menjadi kampiun di babak Main Tournament dan Afterparty Showdown.

Baca juga: PUBG Mobile PMSL SEA Spring 2024 Digelar, Ini Jadwal dan Daftar Tim yang Main

Vampire Esports pun kembali menjadi juara di babak Main Tournament dan Allstars Stage pada PMWI 2023. Hal ini secara jelas menunjukkan dominasi Thailand di turnamen internasional tengah musim.

Di tengah dominasi ini, tim asal Indonesia tetap berusaha menunjukkan perlawanannya.

Pada PMWI 2021, Bigetron Red Aliens meraih peringkat kelima. Kemudian pada Main Tournament PWMI 2022, Morph Team mengamankan peringkat kedelapan, sedangkan pada Afterparty Showdown Bigetron Red Aliens kembali eksis di peringkat keenam.

Tahun lalu, Alter Ego Ares mencapai peringkat keempat di Main Tournament PWMI, sedangkan Bigetron Red Villains berada di peringkat ke-11 pada Allstars Stage. Hal ini berarti bahwa Indonesia mempunyai peluang vesar untuk menjadi juara EWC 2024.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PUBG MOBILE ESPORTS ID (@pubgmobile.esports.id)

PUBG Mobile EWC 2024 atau disebut juga PUBG Mobile World Cup (PMWC) akan mempertandingkan sebanyak 24 tim.

Secara rinci, ada sebanyak lima tim dari Asia Tenggara, empat dari Asia Tengah dan Asia Selatan (CSA), empat dari Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA), serta tiga dari Amerika.

Sebanyak delapan tim lainnya bakal diambil dari berbagai turnamen game battle royale tersebut seperti PUBG Mobile Pro Series (PMPS) dan PUBG Mobile Japan League (PMJL).

Nantinya, turnamen PMWC 2024 akan digelar selama delapan minggu yang dibagi dalam tiga babak, yaitu Group Stage, Survival Stage, dan Main Stage.

Baca juga: Epic Games Bagi-bagi 3 Game Gratis, Ada Game AAA Deus Ex: Mankind Divided

Dalam Group Stage, sebanyak 24 tim akan berlaga, yang mana 12 tim teratas akan melaju langsung ke Main Stage, sedangkan 12 tim terbawah harus berjuang di Survival Stage.

Sebanyak empat tim teratas di Survival Stage akan melanjutkan perjalanannya di Main Stage.

Di babak Main Stage, sebanyak 16 tim yang sudah terkumpul akan bertempur lagi, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman Instagram PUBG Mobile Esports Indonesia, Selasa (12/3/2024).

Sejauh ini, belum diketahui daftar tim yang bakal hadir di PMWC 2024 beserta format lengkapnya. Mari kita tunggu saja informasi selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com