Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Lampaui TikTok, Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh

Kompas.com - 13/03/2024, 07:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Dominasi TikTok akhirnya terpatahkan. Media sosial besutan Meta, Instagram, kini melampaui TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh (download) sepanjang 2023.

Menurut laporan firma riset aplikasi Sensor Tower, jumlah download Instagram menyentuh angka 768 juta kali sepanjang 2023 lalu. Angka ini tumbuh sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya (YoY/year-on-year). 

Sementara jumlah unduhan aplikasi TikTok yakni sebesar 733 juta kali pada 2023. Angka ini merepresentasikan pertumbuhan sebesar 4 persen secara YoY. Perbedaan angka inilah yang menjadikan Instagram melampaui popularitas TikTok selama beberapa waktu belakangan.

“Instagram telah melampaui TikTok karena (berupaya) mengadopsi (fitur baru) selama beberapa tahun terakhir, (salah satunya) didorong popularitas fitur Reels, bersamaan dengan fitur dan fungsi media sosial yang lama,” kata Senior Insights Manager Sensor Tower, Abraham Yousef, sebagaimana dikutip KompasTekno dari New York Post, Rabu (13/3/2024).

Sensor Tower juga mencatat dominasi TikTok berkurang secara bertahap sejak 2021 hingga 2022. Firma riset yang berbasis di San Fransisco, California ini juga sempet memublikasi data yang serupa pada 2022.

Baca juga: 10 Aplikasi Penunjang Ibadah Puasa Ramadhan 2024 buat HP Android dan iPhone

Laporan itu menyebut Instagram menjadi aplikasi paling banyak diunduh pada kuartal keempat 2021. Sejak saat itu, pengguna aktif bulanan Instagram kian bertumbuh hingga menjadi 1,47 miliar pengguna aktif bulanan (MAU/ Monthly Active Users).

Platform berbagi konten foto dan video itu berhasil menyambut 13 juta pengguna aktif bulanan baru dalam tiga bulan terakhir 2023.

Sementara itu pada periode yang sama, TikTok justru kehilangan 12 juta penggunanya. Yang mana, hal tersebut memengaruhi jumlah pengguna aktif bulanannya menjadi 1,12 miliar pengguna saja. 

Pengguna masih habiskan waktu lebih banyak di TikTok

Ilustrasi TikTok Freepik Ilustrasi TikTok

Meski Instagram lebih banyak di-download dibanding TikTok, soal jumlah atau durasi waktu yang dihabiskan pengguna di dalam platform TikTok masih unggul.

Sensor Tower menemukan pengguna TikTok rata-rata menghabiskan waktu sekitar 95 menit di dalam aplikasi pada kuartal IV-2023. Angkanya selisih cukup jauh dengan Instagram dan media sosial yang lain.

Pengguna Instagram tercatat menghabiskan waktu lebih sedikit, yakni 62 menit, X (dulu Twitter) selama 30 menit, dan Snapchat selama 19 menit.

Perbedaan ini bisa terjadi karena TikTok menawarkan pengalaman yang unik dengan memberi pengguna banyak “umpan”, alias konten-konten yang sesuai preferensi.

Ditambah, mekanisme algoritma TikTok kerap memberi kesempatan kepada seluruh penggunanya untuk menjadi viral. Boleh dikatakan siapa saja bisa menjadi viral di TIkTok, selama konten yang diunggahnya menarik.

Baca juga: Google Play Store Bisa Download Dua Aplikasi Android Bersamaan

Konten yang dibagikan begitu masif sehingga secara tidak langsung membantu para kreator konten terkenal dalam satu malam. Jika ada konten yang viral, pengguna juga bakal menerima penghargaan berupa insentif dari TikTok lewat program Creator Fund.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com