Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air dengan Mudah, Jangan Panik

Kompas.com - 25/03/2024, 14:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar dalam mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan iPhone. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengatasi iPhone kemasukan air.

iPhone kemasukan air merupakan masalah yang umum terjadi. Dalam kondisi tertentu, iPhone milik pengguna bisa saja terkena air. Misalnya, iPhone kehujanan atau iPhone terjatuh dalam bak kamar mandi.

Baca juga: 5 Cara Menghapus File Other atau Data Sistem di iPhone dengan Mudah

Air yang masuk di iPhone itu perlu dikeluarkan atau dikeringkan supaya tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut pada komponennya. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi iPhone kemasukan air.

Lantas, bagaimana cara mengeluarkan air di IPhone? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi iPhone kemasukan air dengan mudah.

Cara mengatasi iPhone kemasukan air

Saat iPhone kemasukan air seperti kehujanan atau jatuh dalam bak kamar mandi, pengguna tak perlu panik. Ada beberapa cara mengatasi iPhone kemasukan air yang bisa dilakukan pengguna dengan mudah.

Misalnya, setelah mengetahui iPhone kemasukan air, pengguna bisa langsung mematikannya. Kemudian, pengguna bisa mulai mengeringkannya dengan cara yang tepat. Dalam mengeluarkan air dari iPhone, pengguna perlu melakukannya dengan tepat.

Mengeringkan iPhone yang kemasukan air dengan cara yang tidak tepat malah dapat merusak komponennya. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi iPhone kemasukan air adalah sebagai berikut.

1. Matikan iPhone

Jika iPhone kemasukan air dan dicoba dinyalakan, tindakan itu dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting di iPhone, terutama iPhone yang belum dilindungi dengan sertifikasi tahan air dan debu IP68.

Oleh karena itu, setelah mengetahui kemasukan air, sebaiknya langsung matikan iPhone untuk menghindari arus pendek yang bisa membuat kerusakan pada komponen internalnya.

2. Jangan cas iPhone

Kemudian, supaya tidak terjadi korsleting, pengguna juga perlu untuk menghindarkan iPhone dari arus listrik. Jadi, saat iPhone baru saja terpapar air, pengguna sangat tidak disarankan untuk mengisi dayanya. Jangan cas iPhone hingga benar-benar kering.

3. Posisikan iPhone dengan benar

Saat kemasukan air, segera posisikan iPhone dengan benar. Letakkan HP dengan posisi speaker dan port menghadap bawah. Kemudian, goyangkan dan ketuk iPhone secara perlahan. Tujuannya agar air dapat perlahan menetes keluar.

Baca juga: Cara Membuat Tampilan iPhone Jadi Mirip HP Android, Menarik buat Dicoba

4. Keringkan iPhone

Sembari memosisikan dengan benar, pengguna bisa mengeringkan permukaan iPhone yang terpapar air. Untuk mengeringkannya, pengguna dapat mengusap-usap iPhone menggunakan kain berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber.

Setelah permukaannya kering, diamkan iPhone di tempat kering dengan aliran udara alami yang lancar. Setelah 30 menit, coba isi daya dengan kabel Lightning atau USB-C atau sambungkan aksesori.

Jika masih terdapat peringatan deteksi cairan, berarti masih ada cairan di konektor atau di bawah pin kabel iPhone. Untuk mengeringkannya secara penuh, pengguna bisa meletakkan lagi iPhone di tempat kering dengan aliran udara alami hingga satu hari.

Pengguna dapat mencoba lagi mengisi daya atau menyambungkan aksesori selama periode ini. Mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam untuk iPhone benar-benar kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com