Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab WhatsApp Diblokir Sementara dan Cara Mengatasinya, Penting Diperhatikan

Kompas.com - 26/03/2024, 12:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui penyebab dari beberapa persoalan yang umum terjadi saat mengoperasikan WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satunya seperti penyebab WA diblokir sementara.

Sebagai informasi, dalam kondisi tertentu, akun WhatsApp milik pengguna bisa diblokir sementara. Saat akun WA diblokir sementara, pengguna tak akan bisa menggunakannya untuk berkirim pesan dan mengakses berbagai layanan WhatsApp lainnya.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Ketika membuka WhatsApp yang diblokir sementara, pengguna hanya akan mendapatkan pesan bahwa akun telah diblokir dalam kurun waktu tertentu. Durasi pemblokiran akun WA sementara bisa berbeda-beda di tiap pengguna, bisa hitungan jam maupun hari.

Kondisi akun WhatsApp diblokir sementara tentu merepotkan pengguna. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui penyebab WhatsApp diblokir sementara supaya ketika mengalami masalah ini dapat menemukan solusinya.

Lantas, kenapa WA diblokir sementara? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab WhatsApp diblokir sementara.

Penyebab WA diblokir sementara

Ada beberapa penyebab kenapa WA diblokir sementara. Dari beberapa penyebab itu, secara umum, masalah akun WhatsApp diblokir sementara bisa terjadi karena terdapat tindakan yang dinilai melanggar ketentuan WhatsApp.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa penyebab WhatsApp diblokir adalah sebagai berikut.

1. Pemakaian aplikasi WA ilegal

Penyebab WA diblokir sementara yang pertama adalah pengguna memakai aplikasi WhatsApp ilegal (tidak resmi), seperti WA GB, WA Aero, WA Yo, WA Plus, FMWhatsApp, dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut pada dasarnya merupakan aplikasi modifikasi atau tiruan dari aplikasi WhatsApp asli atau biasa disebut juga dengan WhatsApp Mod. WA GB dan teman-temannya itu dikembangkan oleh pihak lain (pihak ketiga) secara ilegal.

Aplikasi WhatsApp Mod biasanya tersedia dalam format file APK di situs web pengembangnya, bukan di toko aplikasi resmi. Pihak WhatsApp sendiri tidak pernah memberikan dukungan dan izin pada pengembang yang membuat aplikasi WA modifikasi tersebut.

Aplikasi semacam ini dapat mengoleksi data pribadi dan membahayakan privasi pengguna. Dikutip dari laman resmi bantuan WhatsApp, lantaran dikembangkan secara ilegal, aplikasi WhatsApp Mod dinilai telah melanggar ketentuan layanan WhatsApp.

Pihak WhatsApp dapat memberikan sanksi atas penggunaan WA GB dan teman-temannya. Adapun sanksi itu berupa pemblokiran akun sementara dengan batas waktu tertentu dan yang terberat adalah pemblokiran akun permanen.

2. Dinilai melakukan scraping

Penyebab kenapa WA diblokir sementara yang kedua adalah pengguna dinilai melakukan scraping atau pengerukan data, baik yang ditargetkan maupun dalam skala besar, untuk tujuan yang tidak diizinkan.

Mengeruk atau mengumpulkan data pengguna, seperti data nomor telepon, foto profil, dan status, dengan metode scraping termasuk dalam pelanggaran ketentuan WhatsApp. Oleh karena itu, pengguna bisa dijatuhi sanksi pemblokiran akun sementara jika melakukannya.

Baca juga: 5 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap yang Perlu Diketahui

3. Dinilai melakukan spam atau tindakan membahayakan lainnya

Ketiga, masalah WhatsApp diblokir sementara tetap bisa terjadi walau pengguna memakai aplikasi WhatsApp yang resmi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com