Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pro Player Wanita Asal Indonesia Jadi Pemain Utama Tim Mobile Legends di Perancis

Kompas.com - 15/05/2024, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Organisasi e-sports asal Perancis, Team Vitality resmi membuka divisi Mobile Legends (MLBB) pekan ini. Menariknya, pemain profesional (pro player) yang memperkuat divisi tersebut seluruhnya berasal dari Indonesia. 

Berdasarkan informasi di laman resmi Team Vitality, divisi MLBB mereka akan diisi oleh lima pemain utama, yaitu Venny “Fumi” Lim (Exp Laner), Viorelle “Vival” Chen (Jungler), Cindy “Cinny” Siswanto (Mid Laner), dan Michelle “Chel” Siswanto (Gold Laner).

Tim ini akan memiliki pelatih bernama Ilham "Susugajah" Hadi, serta satu analis bernama Dewa "Dewa" Fabian. 

Jika diamati, semua pemain ini sebelumnya berasal divisi MLBB perempuan dari organisasi e-sports asal Indonesia, Bigetron Esports. Di sana, Fumi, Vival, Cinny, dkk menggawangi tim yang dinamai Bigetron Era.

Baca juga: Turnamen MLBB Games of Future 2024 Rusia, Ini Daftar Tim, Format, dan Pembagian Grup

Sebelumnya, CEO Bigetron Esports, Edwin Chia juga sudah mengumumkan bahwa mereka resmi melepas Bigetron Era. Hal ini ia umumkan dalam sebuah video singkat yang diunggah akun resmi Bigetron Esports (@bigetronesports).

Dengan kata lain, Team Vitality bisa dibilang resmi mengakuisisi semua pro player dari divisi MLBB perempuan dari Bigetron Esports, yaitu Bigetron Era. Belum ada informasi siapa yang akan mengisi slot pemain kosong di Bigetron Era.

Kembali lagi ke divisi MLBB Team Vitality, tim ini nantinya akan debut di perhelatan internasional Esports World Cup 2024 yang akan digelar di Riyadh, Arab Saudi pada Juli mendatang. 

Dalam ajang e-sports yang digadang-gadang terbesar di dunia tersebut, Mobile Legends merupakan satu-satunya game yang akan menampilkan turnamen untuk divisi perempuan, lewat perhelatan MLBB Women's Invitational 2024.

Di sini, Team Vitality, berdasarkan data Liquipedia, akan memperebutkan porsi terbesar dari total hadiah sebesar 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 8 miliar. 

Baca juga: Mengulik Kemampuan Fredrinn, Hero Tank Mobile Legends yang Sering Dipasang Jadi Jungler

Perluas Team Vitality ke game lain

Ilustrasi Team Vitality CS:GO yang memenangkan turnamen Blast.TV Paris Major 2023.TeamVitality Ilustrasi Team Vitality CS:GO yang memenangkan turnamen Blast.TV Paris Major 2023.

Co-founder dan Chairman Team Vitaity, Fabien "Neo" Devide mengatakan bahwa akuisisi tim Bigetron Era ini bertujuan untuk memperluas divisi organisasi tersebut ke game lain, yaitu MLBB. 

Sebelumnya, Team Vitality sendiri dikenal sebagai tim yang sangat kuat di beberapa game e-sports kenamaan, seperti Counter-Strike 2 (CS2), Rocket League, Valorant, EA FC 2024, Call of Duty Mobile, dan lain sebagainya. 

Dua game yang membuat nama Team Vitality melejit adalah CS2 dan Counter-Strike Global Offensive (CSGO).

Di dua game ini, mereka berhasil meraih gelar juara pertama di sejumlah kompetisi e-sports, mulai dari Blast Premier: World Final 2023, Gamers8 2023, ESL Pro League Season 16, dan masih banyak lagi. 

Tak menutup kemungkinan nama Team Vitality juga akan terdengar di skena e-sports MLBB untuk kategori perempuan, lantaran Bigetron Era merupakan salah satu tim terkuat di MLBB kategori perempuan untuk saat ini.

Baca juga: Pindah Venue, Playoff Mobile Legends MPL S13 Digelar di Jakarta International Velodrome

Hal ini terbukti karena Bigetron Era sudah memenangkan puluhan trofi juara pertama untuk kompetisi kategori perempuan di game MLBB, baik di level lokal maupun internasional. 

Beberapa di antaranya seperti juara pertama MLBB Women's Invitational untuk tahun 2022 dan 2023, serta juara pertama berturut-turut di kompetisi Women's Star League alias WSL (setara MPL Indonesia, namun untuk kategori perempuan) dari musim ketiga hingga kedelapan. 

Selain itu, para pro player yang bermain untuk Bigetron Era juga sukses menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di pesta game Asia Tenggara SEA Games 2023 beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com