Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tim E-sports Wakili Indonesia di Grand Final Free Fire FFWS SEA 2024

Kompas.com - 22/05/2024, 10:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Empat tim e-sports lokal dari game Free Fire, yaitu Evos Divine, Indostars, RRQ Kazu, dan Onic Olympus akan mewakili Indonesia di ajang Grand Final Free Fire World Series Southeast Asia (FFWS SEA) 2024.

Babak akhir FFWS SEA 2024 tersebut akan digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam pada 24-26 Mei mendatang. 

Sebelumnya, keempat tim e-sports Free Fire dari Indonesia di atas sudah berjuang di babak Knockout Stage FFWS SEA 2024 yang digelar pada 22 Maret - 12 Mei kemarin.

Babak tersebut menyisakan 12 tim teratas (dari total 18 tim yang berasal dari Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam) yang akan masuk ke babak Grand Final FFWS 2024.

Baca juga: Game Pesaing Mobile Legends Rilis di Indonesia 20 Juni

Pada klasemen akhir Knockout Stage FFWS SEA 2024, Evos Divine, Indostars, RRQ Kazu, dan Onic Olympus masing-masing berada di posisi aman, yaitu keenam, ketujuh, kesembilan, dan kedua belas.

Satu perwakilan Indonesia lainnya, yaitu Dewa United Apollo tak lolos ke Grand Final FFWS SEA 2024 karena berada di posisi keempat belas. 

Nah, Grand Finals FFWS SEA 2024 akan dibagi meniad dua format, yaitu Point Rush dan Grand Finals. Point Rush akan digelar pada 24-25 Mei 2024 mendatang, sedangkan Grand Finals akan dihelat pada 26 Mei 2024 mendatang.

Poster Grand Finals FFWS SEA 2024.Garena Poster Grand Finals FFWS SEA 2024.

Pada babak Point Rush, 12 tim akan berlomba-lomba mengumpulkan poin terbanyak dari total 12 pertandingan (6 pertandingan per hari) yang tersedia. Poin bisa dikumpulkan dari posisi tim di akhir pertandingan dan poin eliminasi yang bisa didapat dengan "membunuh" pemain lain di dalam game.

Nantinya, poin yang diperoleh di tahap Point Rush akan dipakai sebagai poin dasar suatu tim di babak Grand Final FFWS SEA 2024.

Sehingga, tim-tim yang berpartisipasi di babak Grand Final tentunya akan fokus di tahap Point Rush terlebih dahulu, supaya mendapatkan modal poin untuk unggul di tahap Grand Final.

Baca juga: Game GTA 6 Dipastikan Meluncur September-November 2025

Pada akhir turnamen, delapan tim e-sports teratas di klasemen akhir Grand Final FFWS SEA 2024 akan mendapatkan tiket ke kejuaran dunia Free Fire di kota Riyadh, Arab Saudi, tepatnya di ajang Esports World Cup 2024. 

Adapun juara pertama di FFWS SEA 2024 akan mendapatkan porsi terbanyak dari total hadiah  mencapai 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,8 miliar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Rabu (22/5/2024).

Seperti disebutkan di atas, ajang Grand Final FFWS SEA 2024 digelar secara offline di Vietnam. Namun, penggemar bisa menontonnya secara online pada tanggal acara lewat kanal live streaming yang disediakan Free Fire Indonesia di YouTube, Facebook, dan TikTok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com