Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PlayStation "Ghost of Tsushima Director's Cut" Kini Hadir di PC

Kompas.com - 17/05/2024, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa game PlayStation resmi meluncurkan game eksklusif konsolnya, Ghost of Tsushima Director's Cut di platform komputer (PC), Kamis (16/5/2024). Permainan ini bisa dibeli di platform distribusi Steam dan Epic Games Store.

Ghost of Tsushima Director's Cut adalah edisi komplet yang mencakup game Ghost of Tsushima, konten tambahan (expansion) bernama Iki Island Expansion, dan mode multiplayer Legends.

Game Ghost of Tsushima pertama kali diluncurkan secara eksklusif di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) pada Agustus 2021. Permainan bikinan Sucker Punch Productions ini akhirnya diboyong ke platform PC.

Baca juga: Daftar Game Baru yang Rilis Mei 2024, Ada Ghost of Tsushima Directors Cut dan F1 24

Tak sekadar melakukan proses port dari PlayStation ke PC, Ghost of Tsushima versi PC juga membawa sejumlah fitur eksklusif.

Kini, pemain bisa menikmati frame rate yang tidak dikunci (unlocked), berbeda dari versi PS5 yang menargetkan 60 fps. Dengan frame rate tidak dibatasi ini, permainan akan terasa lebih mulus saat dijalankan.

Ghost of Tsushima Director's Cut versi PC menawarkan dukungan resolusi lebih lebar, yakni Ultrawide (21:9), Super Ultrawide (32:9), hingga resolusi tiga monitor (48:9). Dukungan ini membuat visual game tersebut tetap memanjakan mata meski di monitor yang besar.

Selanjutnya, pengguna bisa memanfaatkan teknologi Nvidia Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3, AMD FidelityFX Super Resolution (FSR), dan Intel Xe Super Sampling (XeSS).

Trio fitur ini berguna untuk meningkatkan kinerja game dengan me-render grafis di resolusi lebih rendah dari yang disetel. Misalnya saja, dari resolusi Full HD diperbesar alias upscale ke 4K.

Permainan petualangan di dunia terbuka (open-world) ini turut dibekali dukungan Nvidia Deep Learning Anti-Aliasing (DLAA) yang mampu menghaluskan gambar permainan, Nvidia Reflex untuk membuat kontrol game lebih responsif, lip sync bahasa Jepang, dukungan controller DualSense, dan PlayStation Trophies.

Baca juga: Epic Games Gratiskan Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition, Cuma Seminggu

Bertema Jepang

Ghost of Tsushima Director's CutSteam Ghost of Tsushima Director's Cut
Bagi yang belum familier, Ghost of Tsushima sendiri bercerita tentang Kekaisaran Mongolia yang telah menghancurkan berbagai negara dalam upayanya untuk menaklukkan Negara Timur (mencakup Jepang, Korea Selatan, dll).

Tsushima merupakan satu-satunya pulau yang terletak di antara Jepang, dan armada Mongolia yang ingin menjajah negara itu. Sebagai samurai bernama Jin Sakai, pengguna mesti melindungi pulaunya itu dari serangan Mongolia.

Gameplay Ghost of Tsushima dikemas dalam sudut pandang orang ketiga (third-person). Pengguna bakal menggunakan pedang katana untuk melawan berbagai musuh yang menghadang.

Jin memiliki gaya bertempur (stance) berbeda-beda, yang harus disesuaikan dengan musuh yang dilawan.

Water Stance misalnya, digunakan untuk menaklukkan musuh yang menggunakan perisai, sedangkan Wind Stance diperlukan untuk melawan musuh bersenjatakan tombak.

Nantinya, pengguna tidak hanya melawan prajurit Mongolia biasa, tetapi juga bos tangguh yang memiliki gaya bertempurnya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com