Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada “Long Weekend”, Ini 5 Cara agar WhatsApp Terlihat Offline biar Tak Terganggu

Kompas.com - Diperbarui 24/05/2024, 06:42 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Besok merupakan hari favorit bagi sebagian besar pengguna di Tanah Air. Pasalnya, pekan ini terdapat long weekend atau akhir pekan panjang yang bisa dimanfaatkan untuk pergi berlibur.

Long weekend kali terjadi berkat terdapat libur hari raya Waisak 2024 atau Waisak 2568 BE yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Setelah itu, pada hari Jumat, 24 Mei 2024, hari libur dilanjutkan dengan Cuti Bersama.

Baca juga: 3 Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirimnya, Mudah dan Praktis

Alhasil, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan libur akhir pekan yang panjang mulai dari Kamis hingga Minggu. Menyambut long weekend, pengguna mungkin sudah bersiap menghabiskan hari libur dengan berbagai aktivitas seperti beristirahat atau berwisata.

Agar liburan nanti tak terganggu, pengguna kiranya perlu menonaktifkan beberapa aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Salah satunya seperti menonaktifkan aktivitas di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA.

Sebagai informasi, WhatsApp kerap dipakai untuk berkirim pesan dalam menunjang pekerjaan. Saat long weekend, pengguna tentunya tidak ingin waktu liburan atau waktu istirahatnya terganggu dengan pesan-pesan masuk di WhatsApp.

Supaya tidak terganggu dengan pesan-pesan WhatsApp saat long weekend, pengguna sejatinya bisa menonaktifkan WA sementara dengan membuatnya terlihat offline. Lantas, bagaimana cara mengatur di WA agar tidak terlihat online?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara agar WA terlihat offline saat long weekend besok.

Cara agar WA terlihat offline saat long weekend

Cara menonaktifkan WA sementara dengan membuatnya terlihat offline itu pada dasarnya cukup mudah. WhatsApp memiliki fitur-fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk lebih tidak terganggu privasinya di waktu-waktu tertentu.

Pengguna bisa mengakses fitur-fitur itu untuk membuat WA terlihat offline saat long weekend nanti. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara agar WA terlihat offline saat long weekend adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui dengan Mudah dan Praktis

1. Membuat bio dengan status “offline”

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat bio atau informasi singkat yang menunjukkan bahwa pengguna sedang offline, sehingga tidak bisa diganggu. Untuk membuat bio WhatsApp ini, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau "Settings" di WA.
  • Kemudian, klik "Profil" dan pilih opsi "About".
  • Terakhir, pada kolom yang tersedia, buat bio dengan tulisan seperti ini “Offline”, “Sedang Offline”, atau “Sedang Berlibur”.

2. Matikan status Last Seen dan Online

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp dapat menampilkan status pengguna tengah online (status Online) dan kapan terakhir kali online (status Last Seen). Pengguna bisa mematikan kedua status itu agar pengguna lain tak mengetahui kalau sedang online.

Dengan demikian, pengguna dapat meminimalkan interaksi dengan pengguna lain saat liburan. Adapun cara menonaktifkan WA sementara dengan mematikan status Last Seen dan Online adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau "Settings" di WA.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Privacy”.
  • Kemudian, klik opsi “Last seen & online”.
  • Terakhir, atur agar status Last Seen dan Online tidak bisa dilihat siapa pun dengan klik opsi “Nobody”.

3. Matikan notifikasi kontak atau grup tertentu

Cara menonaktifkan WA sementara untuk menunjang ketenangan saat long weekend yang berikutnya adalah dengan mematikan notifikasi dari kontak atau grup tertentu. Di WhatsApp, pengguna bisa memilih untuk mematikan notifikasi dari kontak tertentu.

Dengan mematikan notifikasi, pengguna tak akan mendapatkan pemberitahuan di layar HP ketika terdapat pesan masuk dari kontak atau grup tertentu, yang mungkin berpotensi mengganggu waktu liburan.

Adapun cara agar WhatsApp terlihat offline dengan mematikan notifikasi kontak atau grup tertentu adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com