Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kuota Internet yang Ideal untuk Sebulan? Cek Hitung-hitungannya

Kompas.com - 27/05/2024, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuota internet seluler merupakan salah satu hal penting ketika pengguna tidak punya akses ke WiFi. Pengguna bisa membeli paket data dari operator seluler yang digunakannya.

Besaran kuota internet yang bisa dibeli pengguna juga beragam, tergantung operator seluler yang digunakan pengguna. Misalnya, pekt data 2 GB, 3 GB, 5 GB, 8 GB, 25 GB, 50 GB, 100 GB, bahkan 300 GB.

Lantas, sebenarnya berapa kuota internet bulanan yang ideal untuk pengguna beli? Ini menjadi hal penting agar pengguna membeli paket data internet sesuai kebutuhannya.

Baca juga: 10 Tips untuk Menghemat Kuota Data di Ponsel Android

Sebenarnya, besaran kebutuhan kuota internet sangat personal, bergantung dengan aktivitas pemakaian internet pengguna dan aplikasi yang digunakan.

Namun, sebagai gambaran, menurut data Statista, pada 2022, rata-rata data internet yang digunakan tiap-tiap smartphone per bulan di seluruh dunia berjumlah 15 gigabyte (GB).

Masih dari data Statista yang sama, jika dilihat berdasarkan wilayah, pengguna smartphone di Asia Tenggara dan Oseania (Indonesia termasuk) rata-rata menggunakan 12,5 GB data seluler tiap bulannya.

Angka penggunaan kuota internet seluler bulanan ini kemungkinan besar terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini sebagaimana terjadi dengan pengguna smartphone di Inggris, setidaknya pada 2019 (3,6 GB per bulan), 2020 (4,5 GB per bulan), 2021 (5,6 GB per bulan), dan 2022 (8 GB per bulan). Angka ini terungkap di laporan Ofcom, regulator komunikasi asal Inggris.

Cara hitung kuota internet bulanan yang ideal

Ilustrasi internet WiFi.
Freepik/freepik Ilustrasi internet WiFi.
Untuk membantu kalian mengetahui berapa banyak kuota data yang mungkin diperlukan dalam sebulan, kami akan merinci beberapa aktivitas umum yang menghabiskan banyak data seluler. Misalnya, streaming film/musik, download file, main media sosial, kirim pesar WhatsApp, video call, hingga main game online.

Perlu dicatat, data berikut hanyalah perkiraan kasar, karena penggunaan data sebenarnya akan bergantung pada aplikasi/layanan, kualitas, dan faktor lainnya.

Aktivitas Penggunaan rata-rata data per jam 
Browsing web/media sosial 20-120 MB
Perpesanan instan (WhatsApp, Facebook Messanger, dkk) 50 MB
Emaik 1-100 MB (tergantung lampirannya)
Streaming musik 45 MB
Streaming video 250 MB
Game online 3-300 MB
Video call 200-300 MB

Buka situs web

Berselancar di web cenderung menghabiskan kuota sedikit. Menurut data 3G Inggris, setiap halaman/situs yang dilihat pengguna rata-rata menyedot sekitar 1 MB data.

Untuk situs media sosial, halaman ini dapat menggunakan lebih banyak kuota data. Misalnya, Facebook terpantau menyedot sekitar 2 MB per menit.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Data Saat Menonton Video YouTube

Jika pengguna menggunakan ponsel untuk menjelajah web melalui data seluler selama satu jam setiap harinya, maka pengguna dapat menghabiskan hingga 3 GB per bulan hanya untuk menjelajah web. Jika ditambah membuka situs media sosial, maka kebutuhan kuota bakal lebih banyak lagi.

Kirim pesan

Jika pengguna banyak berkirim pesan lewat aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp dan Facebook Messenger, maka kuota internet bisa tersedot sekitar 150 MB per hari.

Ini berlaku jika pengguna menggunakan layanan ini sebagai platform perpesanan utama, bertukar lusinan pesan setiap hari, dan melakukannya melalui data seluler.

Jika, kirim pesan WA lebih banyak dilakukan dengan koneksi WiFi atau frekuensinya tidak terlalu sering, pengguna mungkin akan menggunakan kurang dari 50 MB sehari hanya untuk kirim pesan.

Video call

Menurut data 3G Inggris, panggilan video (video call), seperti di Skype, Facebook, dan Zoom, menyedot kuota data sekitar 15-25 MB setiap 5 menit. Sementara videoa call di WhatsApp disebut akan menggunakan sekitar 5 MB per menit, menurut TechWithTech.

Panggilan video berdurasi 1 jam dapat menghabiskan hingga sekitar 300 MB data. Jika pengguna rutin melakukan video call, maka total data internet yang dibutuhkan dapat mencapai 1 GB atau lebih setiap bulannya.

Streaming musik

Jika rutin melakukan streaming musik di layanan seperti Apple Music, Spotify, atau Amazon Music saat bepergian, pengguna dapat menghabiskan sekitar 10 MB dan 150 MB data per jam (tergantung pada layanan dan kualitas).

Pada kualitas normal, Spotify diestimasikan menggunakan sekitar 45 MB selama satu jam sehari.

Jika rutin mendengarkan musik setiap harinya dalam sebulan, streaming musik di Spotify membutuhkan setidaknya 1,5 GB kuota internet per bulan. Kuota data bakal tersedot tiga kali lipat lebih banyak atau sekitar 4,5 GB jika pengguna streaming musik di Spotify dengan kualitas tertinggi.

Pengguna bisa menggunakan layanan audio lossless atau mengunduh musik ke ponsel lewat WiFi untuk menghemat kuota data seluler.

Streaming video

Besaran data untuk streaming video, seperti menggunakan YouTube dan Netflix, akan bergantung pada layanan dan kualitas video.

Beberapa platform memberi pengguna kontrol untuk memilih kualitas video. Misalnya, Netflix yang memungkinkan pengguna menggunakan sekitar 1 GB data setiap 6 jam, jika streaming film/TV series dalam kualitas rendah (dikenal sebagai 'save data' di aplikasi seluler).

Jika streaming film/TV series di Netflix pada kualitas sedang (opsi "otomatis" di aplikasi) menggunakan 1 GB setiap 4 jam. Untuk kualitas tinggi, streaming di Netflix bakal menggunakan 3 GB atau lebih setiap 1 jam.

Beberapa layanan streaming mungkin menggunakan lebih banyak data daripada Netflix. Jadi, jika berencana melakukan streaming video dengan sering melalui data seluler, pengguna memerlukan kuota data batas data yang tinggi, mungkin setidaknya sekitar 15 GB per bulan.

Kuota ini belum termasuk dengan penggunaan lain seperti kirim WhatsApp, streaming musik, dll.

Periksa/kirim email

Aktivitas mengecek email terbilang hemat kuota data seluler. Jika, pengguna rutin memeriksa email melalui data seluler setiap hari, kemungkinan besar pengguna hanya menggunakan sekitar 150MB data per bulan.

Namun, angka itu di luar kebutuhan mengunduh file lampiran email.

Download aplikasi/file

Mengunduh aplikasi/file bisa menyedot banyak kuota data, tergantung ukuran filenya. Ukuran aplikasi atau file bisa bervariasi dari puluhan megabyte (MB) hingga beberapa gigabyte (GB). Ukuran aplikasi besar biasanya hanya berlaku untuk game.

Upload foto

Mengunggah foto disebut hanya mengonsumsi kuota data yang relatif kecil. Menurut data 3G Inggris, biasanya pengguna dapat mengunggah beberapa foto ke penyimpanan cloud atau jejaring sosial bahkan kurang dari 10 MB kuota data.

Namun, lain cerita jika pengguna mengunggah ribuan foto dengan ukuran file yang besar. Aktivitas seperti ini tetap akan menguras kuota data seluler pengguna.

Tethering

Tethering biasanya akan menggunakan banyak data seluler. Dalam kasus browsing web, data yang digunakan cenderung akan lebih boros karena pengguna berselancar di tablet atau laptop.

Demikian pula ketika menonton video. Video cenderung dialirkan dalam kualitas yang lebih tinggi, karena layanan mendeteksi pengguna menggunakan koneksi WiFi. Netflix, misalnya, dapat menggunakan hingga 7 GB per jam jika streaming video 4K di PC lewat tethering.

Berikut estimasi kebutuhan data seluler per bulan berdasarkan penggunaan keseluruhan.

  • Penggunaan ringan: 2 GB+
  • Penggunaan medium: 8 GB+
  • Penggunaan berat: 30 GB+
  • Penggunaan sangat berat: 50 GB+

Pengguna juga bisa menggunakan kalkulator data seluler berikut ini atau berikut ini untuk tahu estimasi kebutuhan kuota data pengguna per bulan. Sepengalaman kami, kalkulator tersebut cukup akurat.

Seberapa banyak kuota data 8 GB itu?

Ilustrasi pengguna ponsel.Getty Images Ilustrasi pengguna ponsel.
Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, seberapa banyak kuota data 2 GB, 8 GB, 50 GB, dan 100 GB? Berikut gambaran banyaknya kuota internet berdasarkan data 3G Inggris, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/5/2024). 

Kuota data Sampel penggunaan bulanan 
1 GB 40 menit browsing web setiap hari, atau
20 menit aplikasi media sosial setiap hari, atau
22 jam streaming musik, atau
1-2 film (kualitas rendah atau sedang)
2 GB 80 menit browsing web setiap hari, atau
Setidaknya 40 menit media sosial setiap hari, atau
45 jam streaming musik, atau
3-4 film (kualitas rendah atau sedang)
4 GB 3 jam sehari browsing web, atau
Setidaknya 90 menit media sosial setiap hari, atau
40 menit browsing dan 2 jam streaming musik setiap hari, atau
40 menit browsing setiap hari dan streaming beberapa film (kualitas sedang)
8 GB 6 jam sehari browsing web, atau
Setidaknya 3 jam setiap hari bermain aplikasi media sosial, atau
Cukup untuk streaming video kualitas medium berdurasi 32 jam, atau
Cukup untuk browsing, musik, dan sesekali video
20 GB 2 jam browsing web, 4 jam streaming musik, dan streaming 1-2 jam video setiap hari
50 GB 3 jam browsing web, 3 jam streaming musik, dan streaming 2 film berkualitas sedang setiap hari
100 GB 30 jam video berkualitas tinggi per bulan, atau
1.200 jam browsing web, streaming musik 20.000 lagu, streaming video kualitas standar selama 200 jam per bulan 

Semoga dengan informasi ini, pengguna memiliki gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak data yang sebenarnya dibutuhkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com