Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Menyembunyikan Isi Pesan WhatsApp di Notifikasi biar Tak Mudah Diintip

Kompas.com - 31/05/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam meningkatkan privasi saat mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan itu seperti cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi.

Sebagai informasi, saat terdapat pesan baru masuk di WhatsApp, pengguna umumnya bakal diberitahu melalui banner notifikasi yang muncul di layar depan atau layar kunci HP (handphone). Banner itu bakal berisi pratinjau isi pesan WhatsApp dari pengirim.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Tebal atau Bold di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Tampilan notifikasi yang berisi pratinjau isi pesan itu bakal mengganggu privasi pengguna. Pasalnya, saat muncul di layar kunci, pengguna lain yang berada di sekitar pengguna bisa dengan mudah mengintipnya, entah sengaja atau tidak.

Untuk mengatasi persoalan ini, pengguna penting untuk mengetahui cara agar pesan WA tidak muncul di layar depan. Isi pesan WhatsApp yang terdapat di layar notifikasi pada dasarnya bisa disembunyikan.

Saat disembunyikan, banner notifikasi pesan WA di layar depan tidak akan menampilkan pratinjau konten atau isi di dalamnya. Jadi, pengguna hanya akan diberitahu jika terdapat pesan baru masuk, tanpa ditampilkan isinya.

Adapun bentuk notifikasi di HP saat isi pesan WhatsApp diatur untuk disembunyikan adalah sebagaimana yang tertera pada gambar di bawah ini.

Tampilan isi pesan WhatsApp yang disembunyikan di notifikasi.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan isi pesan WhatsApp yang disembunyikan di notifikasi.

Dengan disembunyikan, privasi pengguna bakal lebih terjaga. Lantaran berguna untuk meningkatkan privasi, lantas bagaimana cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi.

Cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi

Cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi itu cukup mudah. Secara umum, pengguna sejatinya hanya perlu melakukan pengaturan notifikasi di HP. Namun, di HP Android dan iPhone , caranya bisa sedikit berbeda.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara menyembunyikan pesan WhatsApp di notifikasi untuk iPhone dan HP Android adalah sebagai berikut.

1. Cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Kemudian, pergi ke menu pengaturan notifikasi dengan klik opsi “Notifications”
  • Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Whatsapp, selanjutnya pilih aplikasi tersebut untuk mengatur notifikasinya.
  • Kemudian, pada bagian “Lock Screen Appearance” atau “Tampilan Layar Terkunci”, pilih opsi “Tampilkan Pratinjau” atau “Show Preview”.
  • Terakhir, pilih opsi “Never” dan pratinjau isi pesan WhatsApp tidak akan ditampilkan di layar kunci.

Ilustrasi cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi iPhone.

2. Cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi Android

  • Cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi untuk HP Android bisa berbeda-beda bergantung model yang dipakai. Jika menggunakan HP Android Xiaomi, pengguna bisa mengaktifkan kunci perangkat dulu.
  • Jika sudah kunci perangkat sudah aktif, pengguna bisa membuka menu pengaturan.
  • Kemudian, pilih menu “Notifikasi dan Pusat Kontrol”.
  • Setelah itu, klik opsi “Notifikasi Layar Kunci”.
  • Selanjutnya, buka menu “Format” dan pilih opsi “Tampilkan notifikasi, namun sembunyikan kontennya”.
  • Dengan memilih opsi itu, pratinjau isi pesan WhatsApp tidak akan ditampilkan di layar kunci.

Ilustrasi cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi Android.

Baca juga: Tampilan WhatsApp iPhone Mendadak Jadi Hijau Mirip Android, Ada Apa?

Cukup mudah bukan cara agar pesan WA tidak muncul di layar depan? Melalui cara-cara di atas, pengguna tak perlu lagi khawatir pratinjau pesan WhatsApp yang muncul di layar notifikasi bakal bisa diintip oleh orang lain di sekitar.

Dengan cara tersebut, pengguna bisa menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi secara mudah. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi dengan mudah dan praktis agar tak diintip orang lain di sekitar, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com