Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Genggam Asus ROG Ally X Meluncur, RAM dan Baterai Meningkat

Kompas.com - 03/06/2024, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Asus resmi meluncurkan konsol gaming handheld terbarunya, Asus ROG Ally X untuk pasar Amerika Serikat, Minggu (2/6/2024). Konsol ini menjadi penerus Asus ROG Ally "reguler" yang dirilis pada Mei 2023 lalu.

Sebagai suksesor, ROG Ally X membawa sederet peningkatan, mulai dari baterai, RAM, hingga media penyimpanan (storage).

Kapasitas baterai ROG Ally X ditingkatkan dua kali lipat dari 40 Wh menjadi 80 Wh. Kapasitas yang meningkat 40 persen ini bakal lebih awet, meskipun Asus sendiri tidak merincikan berapa lama konsol genggam tersebut bisa bertahan.

Sebagai perbandingan, ROG Ally model orisinal dapat bertahan sekitar 2 hingga 6,8 jam, tergantung jenis game yang dimainkan.

Baca juga: Membandingkan Konsol Advan X-Play, Asus ROG Ally, Lenovo Legion Go dan MSI Claw

ROG Ally X dibekali RAM LPDDR5 24 GB (7500), meningkat dari RAM LPDDR5 16 GB (6400). RAM yang lebih luas ini memungkinkan konsol untuk mengalokasikan memori ke unit pengolah grafis (GPU), sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih mulus.

Storage konsol handheld ini di-upgrade dari SSD 512 GB menjadi SSD PCIe NVMe 1 TB. Ukuran drive ini adalah M.2 2280 sehingga memungkinkan penggantian drive secara lebih murah dan mudah. Sebelumnya, ROG Ally "reguler" menggunakan SSD M.2 2242.

Sistem pendingin internal ROG Ally X juga diubah. Konsol ini dilengkapi kipas baru yang lebih ramping tetapi menawarkan peningkatan aliran udara sebesar 10 persen.

Desain sistem pendingin ini mengarahkan aliran udara ke layar, sehingga konsol tetap sejuk saat bermain game.

Asus juga memindahkan lokasi slot kartu microSD, karena sebelumnya slot ini sering malfungsi akibat kedekatannya dengan ventilasi pembuangan udara panas.

Desain ROG Ally X dibedakan dari pendahulunya. Kini, konsol tersebut dibalut dengan warna hitam mirip Steam Deck atau Lenovo Legion Go, berbeda dari model sebelumnya yang dihias dengan warna putih.

Baca juga: Asus ROG Ally Z1 Versi Murah Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Bodi konsol handheld ini memiliki lekukan yang lebih lembut, dibandingkan sudut yang lebih tajam di ROG Ally "reguler". Pegangan konsol dibuat lebih dalam, sehingga memberikan pengalaman memegang yang lebih aman dan nyaman.

Posisi tombol analog dan tombol lainnya telah disesuaikan dan ditingkatkan untuk memberikan umpan balik (feedback) yang lebih baik, serta lebih tahan lama.

Tombol directional pad (D-pad) didesain ulang agar tidak terlalu lengket saat pengguna melakukan gerakan memutar.

Konsol handheld Asus ROG Ally X meluncurGizmoChina Konsol handheld Asus ROG Ally X meluncur
Berikutnya, sensor sidik jari (fingerprint) di bagian atas perangkat ini dibuat agar lebih mudah ditemukan, dan tombol di punggung perangkat dibuat lebih kecil guna mengurangi penekanan yang tidak disengaja.

Soal konektivitas, port USB-C dan ROG XG Mobile Interface diganti menjadi dua port USB-C. Satu port di antaranya berjenis Thunderbolt 4, sedangkan port lainnya adalah USB 3.2 Gen 2.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com