Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Umumkan Konsol Xbox Series X Versi Baru, Ada Fitur yang Dihilangkan

Kompas.com - 10/06/2024, 13:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Microsoft mengumumkan konsol Xbox Series X digital (Digital Edition) dalam ajang Xbox Games Showcase yang digelar melalui live streaming pada Senin (10/6/2024) dini hari waktu Indonesia.

Xbox Series X Digital Edition ini merupakan versi baru dari Xbox Series X. Bedanya dengna versi lama, Xbox Series X Digital Edition tidak dibekali laci cakram (disc drive) yang biasanya digunakan untuk memasukkan "kaset" game.

Xbox Series X tanpa Disc Drive ini hanya bisa bermain game digital. Artinya, pengguna mesti mengunduh (download) game yang ingin dimainkan, sama seperti Xbox Series S dan PlayStation 5 (PS5) Slim Digital Edition.

Karena tidak memiliki disc drive, desain Xbox Series X Digital Edition sedikit berbeda dari model dengan disc drive. Bagian depan konsol ini tidak dihiasi dengan lubang "kaset" yang diposisikan secara vertikal.

Warna Xbox Series X Digital Edition juga diubah dari hitam menjadi putih (Robot White).

Baca juga: Microsoft Bikin Controller Xbox Khusus Penyandang Disabilitas, Bisa Dicopot dan Disusun Sesuai Kebutuhan

Selebihny, spesifikasi Xbox Series X Digital Edition ini sama seperti Xbox Series X versi disc. Konsol ini menggunakan media penyimpanan (storage) SSD berkapasitas 1 TB, yang memungkinkan pengguna menyimpan banyak game.

Prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) AMD Zen 2 di Xbox Series X masing-masing memiliki kecepatan 3,8 GHz (simultaneous multithreading mencapai 3,6 GHz).

Unit pengolah grafis (GPU) yang diandalkan adalah GPU AMD RDNA 2. Konsol ini memiliki unit komputasi (compute units/CU) hingga 52 CUs, dengan kekuatan mencapai 12,15 teraflops (TFLOPs). Kapasitas RAM konsol ini adalah 16 GB.

Xbox Series X juga mendukung output hingga resolusi 4K (60 fps) dan frame rate 120 fps.

Harga Xbox Series X Digital Edition dibanderol 449,99 dollar AS (sekitar Rp 7,3 juta), lebih murah dari Xbox Series X model "reguler" yang dijual seharga 499 dollar AS (sekitar Rp 8,1 juta).

Konsol ini bakal dijual di sejumlah wilayah, tetapi Microsoft belum merincikan pasar apa saja yang kebagian.

Sebagai informasi, konsol Xbox sendiri tidak dijual secara resmi di Indonesia, sehingga pengguna biasanya harus mengandalkan toko pihak ketiga dan marketplace untuk membelinya.

Umumkan dua model

Microsoft mengumumkan Xbox Series S dengan varian warna putih (Robot White) dan SSD 1 TB.Xbox Microsoft mengumumkan Xbox Series S dengan varian warna putih (Robot White) dan SSD 1 TB.
Selain Xbox Series X Digital Edition, Microsoft juga mengumumkan dua model Xbox lainnya.

Salah satunya adalah Xbox Series S dengan warna putih alias Robot White dan SSD 1 TB. Sebagai perbandingan, Xbox Series S model 2023 ditawarkan dalam warna hitam (Carbon Black) dengan kapasitas media penyimpanan yang sama.

Xbox Series S 1 TB dijual seharga 349,99 dollar AS (sekitar Rp 5,7 juta), sehingga sama seperti model keluaran 2023. Konsol ini juga bakal tersedia di sejumlah pasar yang ditentukan Microsoft.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com