Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fitur AI di iOS 18, Ada Writing Tools, Image Playground, Genmoji

Kompas.com - 13/06/2024, 20:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple baru saja menggelar ajang tahunan temu developer atau WWDC 2024. Di ajang tersebut, Apple mengumumkan salah satu terobosan di sistem operasi terbarunya untuk iPhone, yakni dukungan AI (Artificial Intelligence) untuk iOS 18.

Dengan dukungan AI, iOS 18 menjadi sistem operasi yang iPhone dengan pembaruan yang cukup signifikan. AI pada iOS 18 secara khusus diberi nama Apple Intelligence. Apple Intelligence dapat diklasifikasikan sebagai generative AI.

Baca juga: iOS 18: Fitur-fitur terbaru, Jadwal Rilis, dan Daftar iPhone yang Kebagian

Pasalnya, Apple Intelligence di iOS 18 punya beberapa fitur untuk mengolah konten secara otomatis. Ada banyak fitur AI di iOS 18 yang menarik. Lantas, apa saja fitur AI di iOS 18? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah daftar fitur AI iOS 18.

Fitur AI iOS 18

Fitur AI iOS 18 atau Apple Intelligence secara umum memiliki kemampuan untuk mengolah teks, gambar, dan audio. Apple Intelligence hadir melalui alat, aplikasi, atau fitur yang tersedia di iOS 18, seperti Writing Tools, Image Wand, aplikasi Image Playground, dan fitur di Photos.

Di masing-masing alat, aplikasi, atau fitur pada iOS 18 itu, AI memiliki pengoperasian dan fungsi yang berbeda-beda. Adapun penjelasan mengenai fitur AI iOS 18 di masing-masing alat, aplikasi, atau fitur, adalah sebagai berikut.

1. Writing Tools

Writing Tools menjadi salah satu alat utama dalam pengoperasian Apple Intelligence di iOS 18. Writing Tools memiliki kemampuan utama untuk mengolah teks. Writing Tools bakal hadir pada setiap layanan bawaan pengolahan teks di iPhone, seperti Mail, Notes, dan lainnya.

Fitur AI Writing Tools di iOS 18 yang bisa meninjau, menulis ulang, dan merangkum konten teks pada iPhone.Apple Fitur AI Writing Tools di iOS 18 yang bisa meninjau, menulis ulang, dan merangkum konten teks pada iPhone.

Selain itu, Writing Tools juga hadir di hampir semua aplikasi pengolahan teks pihak ketiga.
Dengan Writing Tools, pengguna bisa melakukan peninjauan (proofread) atas teks yang dibuatnya, sehingga dapat diedit lagi penggunaan bahasa dan strukturnya.

Kemudian, pengguna juga bisa menulis ulang teks (rewrite) yang terseleksi dengan tone dan bahasa yang baru. Selanjutnya, Writing Tools juga memungkinkan pengguna untuk merangkum (summarize) secara otomatis konten teks yang terseleksi.

Kemampuan Writing Tools ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk merangkum isi teks atau pesan yang panjang di e-mail. Selain itu, Writing tools juga dapat digunakan untuk merangkum transkrip audio yang dibuat di aplikasi bawaan Notes.

2. Image Wand

Selain Writing Tools, ada pula Image Wand. Berbeda dengan Writing Tools, Image Wand berfungsi untuk mengolah gambar. Dengan Image Wand, pengguna bisa membuat gambar berdasarkan sketsa yang dibuat di aplikasi bawaan Notes.

Ilustrasi fitur AI iOS 18 Image Wand, yang bisa membuat gambar dari sketsa atau deksripsi di aplikasi bawaan Notes.Apple Ilustrasi fitur AI iOS 18 Image Wand, yang bisa membuat gambar dari sketsa atau deksripsi di aplikasi bawaan Notes.

Pengguna tinggal membuat gerakan melingkar dengan jari atau Apple Pencil di sekitar sketsa, Image Wand bakal mengidentifikasi dan membuat gambar baru.

Image Wand juga bisa membuat gambar baru tanpa menggunakan sketsa, dengan membaca konteks atau deskripsi yang ditulis pengguna.

3. Genmoji

Ilustrasi fitur AI iOS 18 Genmoji, yang bisa membuat emoji dari input teks dan foto.Apple Ilustrasi fitur AI iOS 18 Genmoji, yang bisa membuat emoji dari input teks dan foto.

Fitur Apple Intelligence yang berikutnya adalah Genmoji. Untuk diketahui, Genmoji adalah emoji yang dibuat dengan AI. Pengguna bisa membuat Genmoji dengan memasukkan teks dan foto. Apple Intelligence bakal membuatkan emoji dari input yang dimasukkan pengguna.

4. Image Playground

Dalam pengolahan gambar, Apple Intelligence juga menghadirkan aplikasi Image Playground yang bisa dipakai untuk membuat gambar berdasarkan teks. Di aplikasi ini, pengguna bisa membuat gambar hanya dengan memasukkan teks.

Gambar Image Playground Apple Apple Gambar Image Playground Apple

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com