XL Masih Error, Pengguna Diminta Ubah Jaringan ke 3G

Kompas.com - 03/04/2020, 17:25 WIB
Logo XL Axiata. XL AxiataLogo XL Axiata.

KOMPAS.com - Sejak Kamis (2/4/2020) malam, layanan operator seluler XL Axiata dikeluhkan mengalami gangguan.

Sejumlah pengguna di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya mengeluh layanan internet yang hilang atau menunjukkan pesan "no service" di ponsel mereka.

Dari pantauan KompasTekno, pengguna XL Axiata masih membanjiri lini masa Twitter dengan keluhan serupa hingga Jumat (3/4/2020) sore.

Salah satunya adalah pengguna dengan akun Twitter @Muzakha yang mengaku harus beralih ke jaringan 3G atau 2G agar tetap terkoneksi.

Keluhan senada juga diungkap beberapa pengguna lainnya dengan me-mention beberapa akun resmi XL, seperti @myXLcare, @myXL, dan @XLAxiata.

Jawaban yang diterima pengguna berbeda-beda, meskipun keluhannya serupa, yakni koneksi yang melamban, terputus, hingga hilang.

Baca juga: Layanan XL Dikeluhkan Tidak Ada Sinyal Sejak Kamis Malam

Salah satu solusinya, pengguna diminta untuk mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) selama dua menit atau me-restart ponsel dan mengaktifkan mobile data kembali. Namun, ada pengguna yang gagal terkoneksi dengan cara ini.

Cara berikutnya yaitu pengguna diminta untuk menurunkan kualitas jaringan dari 4G LTE ke WCDMA atau 3G. Setelah diubah, ponsel diminta untuk di-restart dan kembali diatur ke jaringan LTE.

Masalah ini tidak hanya dilaporkan dari pengguna di Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya.

Sejumlah pengguna dari wilayah lain juga mengeluhkan hal yang sama. Salah satunya oleh akun Twitter @kana0611_  yang melaporkan adanya gangguan di Solo, Jawa Tengah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X