"Fall Guys" Basmi Pemain Curang seperti Cara "Fortnite"

Kompas.com - 18/09/2020, 18:04 WIB
Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout. TheVergeIlustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout.

KOMPAS.com - Sejak diluncurkan pada 4 Agustus lalu, game battle royale, Fall Guys Ultimate Knockout sudah menjaring banyak pemain.

Bahkan dalam 24 jam pertama setelah peluncurannya, Fall Guys dilaporkan telah dimainkan oleh 1,5 juta orang, dan sempat membuat server tumbang.

Namun popularitas tersebut turut mengundang masalah baru, yakni hadirnya para pemain curang ( cheater). Para cheater ini umumnya merupakan pemain PC yang memanfaatkan hack tool untuk melakukan tindakan curang.

Segala macam cara rela ditempuh cheater agar bisa memenangkan pertandingan. Misalnya, cheater bisa membuat karakter mereka untuk melompat sangat tinggi atau berlari lebih cepat dibanding pemain lainnya.

Baca juga: Game Fall Guys Season 2 Hadir Oktober 2020, Apa yang Baru?

Demi menciptakan lingkungan game yang sehat, Mediatonic bekerja sama dengan Epic Games menghadirkan sistem easy anti- cheat (EAC). Sistem ini telah digunakan pada lebih dari 120 game, termasuk Fortnite, dan diklaim mampu mengatasi jutaan cheater dalam game.

Saat ini, sistem anti-cheat telah diimplementasikan ke dalam game lewat pembaruan pertengahan musim, yang hadir pada minggu ini.

Patch EAC bekerja dengan mendeteksi keaslian software yang dipakai oleg pemain game. Mereka tidak akan bisa memainkan game jika software terdeteksi telah dimodifikasi.

Pemain juga kini tak perlu melaporkan cheater secara individu, game akan memblokir cheater di tengah pertandingan, alih-alih di akhir ronde.

Sistem ini juga menutup celah yang memungkinkan pemain yang di-banned tetap bisa bermain dengan membuat akun sharing family baru di Steam.

Baca juga: Game PUBG Mobile Bakal Mendeteksi dan Memblokir Cheater

Bersamaan dengan pembaruan tersebut, Mediatonic turut membawa beberapa elemen baru ke dalam game, seperti hadirnya rintangan baru bernama Big Yeetus.

Big Yeetus merupakan sebuah palu raksasa yang dapat mendorong pemain ke luar arena. Selain Big Yeetus, pemain juga dapat menjumpai area hujan bola (Fall Ball), dan Gate Crash.

Pemain bisa merasakan langsung tantangan tersebut dengan memperbarui Fall Guys ke versi 1.07 pada platform PC dan PlayStation 4 sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Newsweek, Jumat (18/9/2020).



Sumber Newsweek
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X