Begini Cara Menyembunyikan Status "Online" di Telegram

Kompas.com - 24/01/2021, 16:43 WIB
Ilustrasi aplikasi Telegram IstIlustrasi aplikasi Telegram

KOMPAS.com - Popularitas aplikasi pesan instan Telegram tengah meroket di tengah pandemi. Hingga pekan kedua Januari ini saja, Telegram telah berhasil ketambahan 500 juta pengguna aktif bulanan.

Hal ini merupakan imbas dari keputusan WhatsApp, yang belakangan mengenalkan kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru kepada penggunanya.

Sekilas, Telegram menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan WhatsApp. Pengguna dapat mengirimkan pesan berupa teks, video, gambar, hingga beragam emoji bergerak.

Selain itu, serupa dengan WhatsApp, Telegram juga dapat menampilkan informasi status online pengguna. Informasi tersebut akan muncul ketika pengguna mengguna aplikasi Telegram, baik saat berkirim pesan maupun sekadar membaca pesan-pesan yang diterima.

Baca juga: Apple Digugat Gara-gara Telegram

Namun, ada kalanya pengguna tidak ingin statusnya diketahui orang lain dengan alasan privasi. Nah, status "online" di Telegram juga bisa disembunyikan seperti WhatsApp.

Selengkapnya, berikut merupakan cara menyembunyikan notifikasi last seen di Telegram sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GadgetsNow, Minggu (24/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menyembunyikan last seen di TelegramKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menyembunyikan last seen di Telegram
Pertama-tama, buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada ponsel Anda. Kemudian, pilih ikon berbentuk tiga garis yang terletak di sisi kiri atas aplikasi.

Klik menu Settings dan pilih opsi Privacy and Security. Setelah memilih opsi Privacy and Security, klik opsi Last Seen & Online yang terdapat pada sub-menu Privacy.

Selanjutnya, pengguna dapat bebas memilih siapa yang bisa melihat status online dari pengguna. Pengguna bisa memilih opsi My Contacts apabila ingin mengaktifkan status pada penerima yang sudah terdaftar di kontak.

Sebaliknya, pengguna juga dapat menonaktifkan status online sepenuhnya dengan cara memilih opsi "Nobody".

Baca juga: Tinggalkan WhatsApp, Lebih Baik Pilih Signal atau Telegram?

Apabila pengaturan sudah selesai dilakukan, lanjutkan dengan klik ikon "centrang" yang terletak di sisi kanan atas aplikasi

Akan muncul sebuah notifikasi yang mengonfirmasikan bahwa pengaturan akan segera diaplikasikan. Pengguna cukup klik tombol Ok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.