LG Buka Lisensi WebOS, Bakal Jadi Pesaing Android TV?

Kompas.com - 25/02/2021, 11:29 WIB
Logo LG 9to5googleLogo LG

KOMPAS.com - Setelah enam tahun hadir secara eksklusif untuk smart TV besutannya, LG Electronics kini resmi membuka platform webOS ke produsen TV pintar lain.

Melalui sebuah pernyataan tertulis, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengumumkan bahwa ekosistem webOS akan dilisensikan kepada merek lain.

Artinya, platform smart TV ini nantinya bisa digunakan pada berbagai merek TV selain LG. LG menyebut ada sekitar 20 produsen TV yang kini telah terdaftar sebagai mitra WebOS, termasuk, RCA, Ayonz dan Konka.

Baca juga: Smart TV LG Kini Mengerti Bahasa Indonesia

LG mengklaim bahwa akan ada lebih banyak mitra dari produsen TV lain yang bakal ikut bergabung.

"Kami membuka jalur baru yang memungkinkan pemilik TV baru untuk merasakan pengalaman UX dan fitur hebat yang sama seperti milik LG TV," ujar President of the LG Home Entertainment Company, Park Hyoung-sei.

Ilustrasi LG webOSLG Ilustrasi LG webOS

Dengan membuka lisensi webOS, LG menawarkan beberapa benefit kepada para mitranya, mencakup layanan streaming global, seperti Netflix, YouTube, Amazon Prime Video, juga tayangan olahraga dari DAZN serta LG Channels.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, LG juga mendapat keuntungan berupa kendali software pada perangkat lain serta pendapatan iklan yang bisa menjadi semakin besar.

Baca juga: Tanda-tanda LG Menyerah dari Bisnis Smartphone

Kehadiran WebOS diprediksi dapat mengancam Android TV yang merupakan kompetitornya di ranah smart TV. Misalnya di India, di mana ekosistem Android TV telah banyak dipakai oleh para pengguna TV pintar.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (24/2/2021), platform smart TV yang dilisensikan LG ke pabrikan lain nantinya akan berbasis webOS 5.0 sehingga tampilannya akan mirip dengan di TV LG selama beberapa tahun terakhir.

Platform webOS sendiri kini baru saja mencapai versi 6.0 yang diperkenalkan melalui ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021 pada Januari lalu.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X