Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Buka Lisensi WebOS, Bakal Jadi Pesaing Android TV?

Kompas.com - 25/02/2021, 11:29 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah enam tahun hadir secara eksklusif untuk smart TV besutannya, LG Electronics kini resmi membuka platform webOS ke produsen TV pintar lain.

Melalui sebuah pernyataan tertulis, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengumumkan bahwa ekosistem webOS akan dilisensikan kepada merek lain.

Artinya, platform smart TV ini nantinya bisa digunakan pada berbagai merek TV selain LG. LG menyebut ada sekitar 20 produsen TV yang kini telah terdaftar sebagai mitra WebOS, termasuk, RCA, Ayonz dan Konka.

Baca juga: Smart TV LG Kini Mengerti Bahasa Indonesia

LG mengklaim bahwa akan ada lebih banyak mitra dari produsen TV lain yang bakal ikut bergabung.

"Kami membuka jalur baru yang memungkinkan pemilik TV baru untuk merasakan pengalaman UX dan fitur hebat yang sama seperti milik LG TV," ujar President of the LG Home Entertainment Company, Park Hyoung-sei.

Ilustrasi LG webOSLG Ilustrasi LG webOS

Dengan membuka lisensi webOS, LG menawarkan beberapa benefit kepada para mitranya, mencakup layanan streaming global, seperti Netflix, YouTube, Amazon Prime Video, juga tayangan olahraga dari DAZN serta LG Channels.

Sementara itu, LG juga mendapat keuntungan berupa kendali software pada perangkat lain serta pendapatan iklan yang bisa menjadi semakin besar.

Baca juga: Tanda-tanda LG Menyerah dari Bisnis Smartphone

Kehadiran WebOS diprediksi dapat mengancam Android TV yang merupakan kompetitornya di ranah smart TV. Misalnya di India, di mana ekosistem Android TV telah banyak dipakai oleh para pengguna TV pintar.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (24/2/2021), platform smart TV yang dilisensikan LG ke pabrikan lain nantinya akan berbasis webOS 5.0 sehingga tampilannya akan mirip dengan di TV LG selama beberapa tahun terakhir.

Platform webOS sendiri kini baru saja mencapai versi 6.0 yang diperkenalkan melalui ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021 pada Januari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com