Sony Tak Jadi Tutup PlayStation Store di PS3 dan PS Vita

Kompas.com - 20/04/2021, 13:11 WIB
Ilustrasi website PlayStation Store. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi website PlayStation Store.

KOMPAS.com - Sony resmi membatalkan penutupan layanan PlayStation Store untuk konsol PlayStation Vita (PS Vita) dan PlayStation 3 (PS3).

Hal tersebut seperti yang disampaikan President & CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan melalui laman PlayStation Blog.

"Setelah ditelaah lebih lanjut, jelas bahwa kami membuat keputusan yang salah di sini," ujar Ryan melalui laman PlayStation Blog.

"Jadi, kami memutuskan untuk tetap mengoperasikan PlayStation Store untuk perangkat PS3 dan PS Vita. Sementara itu, fungsi perdagangan PSP akan dihentikan pada 2 Juli 2021 sesuai rencana," lanjut Ryan.

Baca juga: Sony Setop Layanan Rental Film di PlayStation Store

Sebelumnya, raksasa teknologi asal Jepang ini mengumumkan untuk menutup layanan toko game online PlayStation Store untuk konsol PS Vita pada 27 Agustus dan PS3 pada 2 Juli 2021.

Namun karena keputusan tersebut dibatalkan, pengguna kini tetap dapat membeli game PS Vita dan PS3 beserta konten ekstranya (DLC) lewat PlayStation Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PS Store di PSP tetap disetop

Namun, pembatalan penghentian layanan ini tidak berlaku untuk konsol PlayStation Portable (PSP). Sony tetap melanjutkan prosesi penutupan layanan PlayStation Store untuk PSP pada 2 Juli mendatang.

Setelah tenggat waktu tersebut, pengguna PSP tidak lagi dapat mengakses dan membeli game lewat PlayStation Store.

Meski demikian, pengguna yang sebelumnya telah membeli game atau DLC di PSP melalui layanan PlayStation Store masih bisa mengakses dan mengunduh game tersebut di kemudian hari.

Baca juga: Tanda-tanda Sony Akan Memboyong Game PlayStation ke Smartphone

Dihimpun KompasTekno dari PlaySatation Blog, Selasa (20/4/2021), keputusan penutupan layanan ini dilatar-belakangi oleh sejumlah faktor.

Salah satunya seperti keinginan Sony untuk lebih fokus mengembangkan deretan konsol yang lebih terkini, seperti PS4 dan PS5.

Namun melihat antusiasme penggemar game klasik yang masih cukup tinggi, Sony akhirnya sepakat untuk kembali melanjutkan layanan PlayStation Store untuk konsol PS Vita dan PS3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.