Fitur Voice Chat di Telegram Kini Bisa Dijadwalkan, Begini Caranya

Kompas.com - 28/04/2021, 12:08 WIB
Aplikasi Telegram Tech CrunchAplikasi Telegram

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Telegram baru saja merilis sederet fitur anyar. Salah satunya yaitu Schedule Voice Chat.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur atau menjadwalkan Voice Chat alias obrolan suara di grup atau kanal Telegram dengan waktu dan durasi yang ditentukan.

Sebagai informasi, fitur Voice Chat di Telegram pada dasarnya hampir serupa dengan Voice Chat yang dimiliki Discord dan Clubhouse.

Fitur ini menyediakan ruang obrolan virtual, di mana pengguna dapat saling berkomunikasi secara langsung, layaknya sedang menelepon.

Fitur Schedule Voice Chat yang baru saja dirilis Telegram sejatinya berfungsi untuk memudahkan pengguna sehingga tidak terlambat atau "ngaret" ketika ingin bergabung ke dalam forum obrolan grup (Voice Chat).

Baca juga: Trik Rahasia Download Foto dan Video Instagram lewat Telegram

Cara menjadwalkan obrolan suara di grup atau kanal Telegram pun mudah. Anda cukup meng-klik ikon menu di pojok kanan atas, lalu pilih opsi "Schedule Voice Chat" di bagian bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menjadwalkan panggilan suara di aplikasi Telegrampocketnow.com Cara menjadwalkan panggilan suara di aplikasi Telegram
Setelah itu, atur waktu yang dikehendaki seperti tanggal, hari, dan jam. Sebagai penanda, obrolan suara yang dijadwalkan akan dilengkapi dengan countdown yang berada di bagian tengah atas.

Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, Anda bisa menekan tombol "Start Now" untuk memulai obrolan suara di grup atau kanal Telegram yang sudah dijadwalkan.

Selain penjadwalan obrolan suara, Telegram turut merilis fitur berupa opsi pembayaran dalam aplikasi yang mencakup dukungan layanan Stripe, Yandex, dan Payme.

Tak hanya itu, Telegram juga menambahkan fitur untuk memperbesar tampilan gambar melalui fitur pinch-to-zoom.

Baca juga: Cara untuk Menghapus Akun Telegram

Dengan gerakan mencubit (menyapukan jempol dan jari telunjuk) ke arah luar, pengguna dapat memperbesar gambar yang dikirim oleh pengguna lain lewat kolom chat.

Ada pula fitur yang memudahkan pengguna dapat mengontrol pemutaran video dengan cara menekan dan menahan di sisi kiri/kanan layar untuk memundurkan atau memajukan durasi sejauh 15 detik.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Now, Rabu (28/4/2021), pengguna juga bisa mengetuk layar sebanyak dua kali untuk mempercepat dan memperlambat durasi video hingga 10 detik.

Untuk mencicipi aneka fitur ini, pengguna harus meng-update aplikasi Telegram ke versi terbaru lewat tautan berikut ini https://telegram.org/



Sumber PocketNow
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.