Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan iPhone 13 Dirilis Apple? Ini Bocorannya

Kompas.com - 25/06/2021, 08:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple santer dikabarkan akan meluncurkan empat model baru iPhone tahun ini, yaitu iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Bocoran tampang hingga spesifikasi lini iPhone 13 terbaru itu sudah banyak tersiar di ruang maya. Lantas, kapan iPhone 13 rilis?

Yang terbaru, analis dari firma investasi asal AS Wedbush, Dan Ives memprediksi bahwa Apple akan meluncurkan lini iPhone 13 pada minggu ketiga di bulan September mendatang.

Atau lebih tepatnya, kemungkinan pada tanggal 14 September. Menurut Ives, hal ini mengingat Apple yang biasa mengadakan acara pada hari Selasa di bulan September.

Baca juga: iPhone 13 Ditolak Pengguna Apple

Memang sudah menjadi rahasia umum, Apple memiliki tradisi merilis jajaran iPhone baru pada bulan September setiap tahunnya. Namun, tradisi itu sempat berubah saat Apple meluncurkan jajaran iPhone 12 pada 2020 lalu.

Karena pasokan terkendala, perusahaan yang bermarkas di Cupertino AS ini baru menelurkan jajaran iPhone 12 pada bulan Oktober 2020, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5mac, Jumat (25/6/2021).

Bila prediksi Ives benar, maka Apple kembali mengikuti tradisi sebelum-sebelumnya. Namun hingga kini pihak Apple sendiri belum memberikan konfirmasi apa pun soal kehadiran penerus iPhone 12 itu.

Yang menarik, meski kehadirannya belum dikonfirmasi, nama lini iPhone 13 sudah lebih dahulu tidak disukai oleh sejumlah pengguna Apple. Ini terlihat dari hasil survei yang melibatkan 3.000 responden yang dilakukan oleh situs jual beli ponsel sellcell.com.

Dalam survei tersebut, sebanyak 74 persen responden menginginkan nama lain dan bukan "iPhone 13". Para responden ini memilih penamaan lain seperti "iPhone 2021", "iPhone 21", "iPhone 12S", dan "iPhone 14".

Baca juga: Menerka Bentuk iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Alasannya, Ada 18,3 persen responden yang menganggap angka 13 merupakan pembawa sial.

Bocoran iPhone 13

Sebelumnya, bocoran tampang dan spesifikasi dari ponsel generasi terbaru Apple yang disinyalir bernama iPhone 13 pun telah banyak beredar di dunia maya.

Misalnya dari aspek layar, iPhone 13 konon bakal tetap memiliki poni alias notch di atas layar. Hanya saja, ukurannya mungkin lebih kecil dibandingkan milik iPhone 12.

Ilustrasi dummy empat model iPhone 13.Twitter/SonnyDickson Ilustrasi dummy empat model iPhone 13.

Layar iPhone 13 itu juga disinyalir akan dibekali dengan sejumlah kemampuan baru seperti refresh rate mencapai 120 Hz, seperti ponsel-ponsel flagship Android masa kini.

Disebutkan pula bahwa layar iPhone 13 bakal dibekali pemindai sidik jari -kali ini teritegrasi di layar- sehingga mengembalikan fungsi Touch ID yang absen semenjak digantikan oleh Face ID.

Baca juga: Apple Disebut Tak Lagi Produksi iPhone 12 Mini

Di samping itu, iPhone 13 ini juga dirumorkan akan memiliki opsi penyimpanan hingga 1 TB. Hal itu terungkap dari laporan firma investasi asal AS, Wedbush.

Wedbush menyebutkan bahwa Apple tengah berupaya meningkatkan kapasitas penyimpanan pada produk iPhone miliknya hingga 1 TB.

Opsi penyimpanan 1 TB ini kemungkinan akan hadir pada model iPhone 13 Pro Apabila benar direalisasikan, maka iPhone 13 bakal memiliki memori dua kali lebih besar dibandingkan kapasitas maksimal di generasi sbelumnya.

iPhone 12 Pro dan Pro Max diketahui hanya menawarkan storage hingga 512 GB.

Tentu, karena masih berupa rumor, beragam informasi yang diutarakan di atas belum bisa dipastikan kebenarannya. Apple pun masih bungkam soal spesifikasi maupun rancangan iPhone generasi berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com