Sony Didenda Rp 2,2 Miliar di China gara-gara Tanggal Peluncuran Produk

Kompas.com - 24/10/2021, 16:10 WIB
Logo Sony IstimewaLogo Sony

KOMPAS.com - Salah pilih tanggal bisa membuat tersinggung warga dan pemerintah sebuah negara, sehingga berujung pada denda. Ini terjadi pada unit bisnis Sony di China, yang dijatuhi denda 1 juta yuan atau sekitar Rp 2,2 miliar oleh Pemerintah China.

Gara-garanya, pabrikan kamera asal Jepang itu mengumumkan bakal meluncurkan produk baru pada tanggal 7 Juli 2021. Padahal, tanggal tersebut menandai insiden jembatan Marco Polo pada 1937 yang memicu perang kedua antara China dan Jepang.

Baca juga: Pemerintah China Larang Semua Kompetisi E-sports PUBG: Battlegrounds

Sony mengunggah teaser peluncuran di situs Alpha Universe dan kanal YouTube resminya, dengan mencantumkan tanggal 7 Juli pukul 10.00. Pengumuman Sony memicu reaksi negatif dari publik China sehingga teaser kemudian dihapus. Sony pun memohon maaf.

"Karena proses perencanaan kerja yang buruk, kami telah menyebabkan kesalahpahaman dan kebingungan dalam pemilihan tanggal. Kami mohon maaf atas hal ini dan akan membatalkan acara terkait sesegera mungkin," tulis Sony dalam sebuah posting di media sosial Weibo.

Kendati demikian, Sony tetap dijatuhi denda oleh pemerintah China karena dinilai telah melukai kehormatan negara tersebut. Hukum periklanan di China memang menyatakan bahwa iklan online tidak boleh merugikan kehormatan atau kepentingan negara.

Baca juga: Sony ZV-E10 Masuk Indonesia, Kamera Mirrorless untuk Vlogging

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sebuah pernyataan, Sony mengatakan pihaknya menghormati dan akan menaati ketentuan sanksi dari pemerintah China.

"Kami akan menjadikan kasus ini sebagai pelajaran untuk mengambil langkah pencegahan dalam kegiatan operasional sehari-hari," ujar Sony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nikkei Asia, Minggu (24/10/2021).

Adapun acara peluncuran produk Sony kemudian ditunda hingga 27 Juli. Produk itu ternyata merupakan kamera mirrorless ZV-E10 yang ditujukan bagi vlogger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.