Berapa Lama Buka Instagram dalam Sehari, Begini Cara Ceknya

Kompas.com - 03/12/2021, 11:00 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Instagram merupakan media sosial yang populer dan banyak digunakan masyarakat.

Tak hanya untuk berbagi foto dan video, Instagram juga terus memperbarui fiturnya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik.

Sejumlah fitur yang dimiliki Instagram contohnya adalah Instagram live, stories dengan berbagai filter dan stiker yang menarik, hingga Instagram Shopping yang semakin memudahkan pengguna berbelanja online.

Banyaknya fitur baru yang menarik membuat pengguna lupa waktu karena asyiknya bermain Instagram. Hal ini tentu saja dapat mengganggu produktivitas pengguna.

Baca juga: Durasi Konten Instagram Stories Akan Diperpanjang Jadi 60 Detik?

Ada berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut, seperti dengan mengatur penggunaan gadget, membatasi waktu membuka Instagram, dan lain sebagainya.

Instagram pun sebenarnya telah memiliki fitur untuk membantu pengguna mengetahui seberapa sering pengguna bermain Instagram agar lebih terkontrol.

Bagaimana caranya? Berikut ini langkah mudah untuk mengecek seberapa sering membuka akun Instagram di Android dan iPhone.

  • Ketuk foto profil di kanan bawah
  • Ketuk icon menu berbentuk strip 3 di kanan atas
  • Ketuk “Aktivitas Anda”, lalu ketuk “Waktu”. Pengguna akan melihat waktu rata-rata yang dihabiskan di Instagram dalam seminggu terakhir.

Pengguna akan dapat melihat waktu rata-rata yang dihabiskan di Instagram dalam 7 hari terakhir.

Waktu yang dihabiskan di Instagram dimulai saat pengguna membuka aplikasi dan berakhir saat menutupnya atau beralih pada aplikasi lain.

Baca juga: Instagram Hapus Stiker Add Yours yang Memuat Informasi Pribadi

Membuat pengingat

Pengguna Instagram juga dapat mengatur pengingat untuk memberitahu lama waktu atau durasi yang telah dihabiskan untuk bermain Instagram.

Hal ini sangat berguna agar pengguna dapat lebih bijak menggunakan waktunya dalam bermain Instagram. Berikut ini langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Instagram, Jumat (3/12/2021).

  • Ketuk foto profil di kanan bawah
  • Ketuk icon menu berbentuk strip 3 di kanan atas
  • Ketuk “Aktivitas Anda”, lalu ketuk “Waktu”
  • Ketuk “Atur Pengingat Harian”
  • Pilih jumlah waktu, lalu ketuk “Atur Pengingat”
  • Ketuk OK

Pada bagian bawah menu “Atur Pengingat Harian”, pengguna dapat mengatur notifikasi Instagram jika mematikannya agar tidak terganggu dan memicu pengguna membuka akun Instagram.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Musik di Postingan Feed

Pada bagian tersebut pengguna dapat menonaktifkan beberapa notifikasi unggahan, komentar, following atau followers, live, video, pesan, maupun panggilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Instagram
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.