Kompas.com - 06/01/2022, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Melalui ajang Consumer Technology Association (CES) 2022, Intel resmi mengumumkan jajaran prosesor Intel Core generasi ke-12 terbaru yang mengusung nama Alder Lake.

Intel membagi CPU Alder Lake ke dalam dua kategori berbeda, yakni S-series (desktop) dan H-series (mobile).

Setidaknya terdapat 22 prosesor desktop dan 28 prosesor mobile Intel Core generasi ke-12 yang diperkenalkan. Masing-masing dari jenis prosesor tersebut menawarkan performa yang beragam. Lantas, bagaimana spesifikasi dan keunggulannya?

Baca juga: Intel Luncurkan Puluhan CPU Alder Lake Gen 12 Baru untuk Desktop dan Mobile

S-series

Alder Lake S-series hadir dengan 16 core dan 24 thread dengan TDP yang mampu menghantarkan daya 35 - 65 Watt. Intel turut memberikan dukungan pada memori sistem PCIe 5.0/PCIe 4.0 dan DDR5/DDR4.

Prosesor ini diklaim memiliki performa single-thread 1,36 kali lebih cepat dan pemrosesan 1,35 kali lebih cepat dalam multi-thread, apabila dibandingkan dengan CPU Intel Core generasi ke-10.

Performa grafis yang dijanjikan pada Alder Lake S-series juga lebih ngebut, yakni hingga 1,94 kali lebih cepat dan hingga 2,81 lebih cepat dalam GPU image classification inference performance.

Sektor grafis Alder Lake S-series mengandalkan UHD Graphics 770 yang digerakkan oleh arsitektur Intel Xe untuk mendukung tampilan virtual. Alder Lake S-series diperkirakan akan mulai tersedia di pasaran pada Januari 2022.

Baca juga: Prosesor Intel Alder Lake Resmi Meluncur, Janjikan Performa Gaming Terbaik

H-series

Ilustrasi Intel Core generasi ke-12.The Verge Ilustrasi Intel Core generasi ke-12.

Sementara itu, Alder Lake H-series mempunyai 14 core CPU (6-P-core dan 8 E-core) serta 20 threads dengan rentang TDP mencapai 35-45 Watt.

Berbasis teknologi proses Intel 7, prosesor H-series generasi ke-12 terbaru ini menawarkan dukungan memori untuk modul DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4800 MT/s.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.