Fenomena Swagbucks, Mengapa Situs Penipuan Pakai Domain .XYZ?

Kompas.com - 22/01/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Situs web "Swagbuckssn.xyz" menjadi perhatian karena iming-iming manis, yakni menawarkan uang tanpa perlu bersusah payah.

Swagbuckssn.xyz disebut menjanjikan uang secara cepat dan mudah bagi pengguna yang mampu menyelesaikan tugas tertentu, seperti mendaftar akun dan menyebarkan tautan untuk daftar akun di situs itu. 

Namun, situs swagbuckssn.xyz memiliki indikasi sebagai situs penipuan atau berisi aktivitas scam, yang bertujuan mengelabui para pengguna.

Mengomentari kejadian ini, pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya membenarkan bahwa Swagbuckssn.xyz tersebut merupakan situs web yang mengandung aktivitas scam atau penipuan.

Baca juga: Ramai di Twitter, Apa Itu Situs Penghasil Uang Swagbuckssn?

Ia menilai bahwa situs tersebut memiliki kemiripan pola dengan jenis penipuan yang sering dibagikan lewat WhatsApp. Jadi, pengguna dipancing untuk memasukkan data penting di situs tersebut.

"Sebut saja scam, mengarahkan korbannya untuk melihat iklan yang tidak diinginkan seperti pinjol (pinjaman online) dan memancing korban memasukkan data penting," ungkap Alfons kepada KompasTekno, Selasa (18/1/2022).

Saat mencoba membuka Swagbuckssn.xyz, KompasTekno menemukan bahwa situs tersebut memang meminta alamat e-mail dan password untuk keperluan pedaftaran akun agar bisa mendapatkan uang yang ditawarkan.

Banyak di internet

Di internet, ternyata ditemukan banyak situs web yang serupa dengan Swagbuckssn.xyz. Beberapa di antaranya adalah "clickworkerig.xyz", "mobileworkslx.xyz", "vindaleld.xyz", "coinbucksbw.xyz", dan "rapidworkersao.xyz".

Semua situs tersebut sama-sama menggunakan domain "xyz". Istilah domain dalam internet mengacu pada kode unik sebagai penanda server situs web.

Baca juga: Daftar Situs Domain XYZ yang Perlu Diwaspadai Selain Swagbuckssn

Kode unik itu yang biasanya berada di bagian akhir dari nama situs web, misalnya dari nama situs Kompas.com maka kode ".com" itu yang jadi domain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.