Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Swagbucks, Mengapa Situs Penipuan Pakai Domain .XYZ?

Kompas.com - 22/01/2022, 14:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Situs web "Swagbuckssn.xyz" menjadi perhatian karena iming-iming manis, yakni menawarkan uang tanpa perlu bersusah payah.

Swagbuckssn.xyz disebut menjanjikan uang secara cepat dan mudah bagi pengguna yang mampu menyelesaikan tugas tertentu, seperti mendaftar akun dan menyebarkan tautan untuk daftar akun di situs itu. 

Namun, situs swagbuckssn.xyz memiliki indikasi sebagai situs penipuan atau berisi aktivitas scam, yang bertujuan mengelabui para pengguna.

Mengomentari kejadian ini, pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya membenarkan bahwa Swagbuckssn.xyz tersebut merupakan situs web yang mengandung aktivitas scam atau penipuan.

Baca juga: Ramai di Twitter, Apa Itu Situs Penghasil Uang Swagbuckssn?

Ia menilai bahwa situs tersebut memiliki kemiripan pola dengan jenis penipuan yang sering dibagikan lewat WhatsApp. Jadi, pengguna dipancing untuk memasukkan data penting di situs tersebut.

"Sebut saja scam, mengarahkan korbannya untuk melihat iklan yang tidak diinginkan seperti pinjol (pinjaman online) dan memancing korban memasukkan data penting," ungkap Alfons kepada KompasTekno, Selasa (18/1/2022).

Saat mencoba membuka Swagbuckssn.xyz, KompasTekno menemukan bahwa situs tersebut memang meminta alamat e-mail dan password untuk keperluan pedaftaran akun agar bisa mendapatkan uang yang ditawarkan.

Banyak di internet

Di internet, ternyata ditemukan banyak situs web yang serupa dengan Swagbuckssn.xyz. Beberapa di antaranya adalah "clickworkerig.xyz", "mobileworkslx.xyz", "vindaleld.xyz", "coinbucksbw.xyz", dan "rapidworkersao.xyz".

Semua situs tersebut sama-sama menggunakan domain "xyz". Istilah domain dalam internet mengacu pada kode unik sebagai penanda server situs web.

Baca juga: Daftar Situs Domain XYZ yang Perlu Diwaspadai Selain Swagbuckssn

Kode unik itu yang biasanya berada di bagian akhir dari nama situs web, misalnya dari nama situs Kompas.com maka kode ".com" itu yang jadi domain.

Kembali ke situs web yang menggunakan domain ".xyz", semua situs itu juga memiliki layanan yang sama persis antara satu sama lain, yakni menawarkan sejumlah uang ke pengguna.

Pengguna yang melakukan pendaftaran, dijanjikan uang sebesar 25 dollar AS (Rp 360.000). Tidak cuma itu, semua situs tersebut juga menawarkan uang tambahan dengan meminta pengguna membagikan link pendaftaran akun.

Pengguna yang membagikan link dan berhasil mengajak pengguna lain untuk daftar akun di situs itu bakal mendapat komisi sebesar 10 dollar AS (Rp143 ribu). Semua situs dengan domain "xyz" tersebut juga memiliki tampilan halaman yang sama persis.

Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan, situs web berakhir ".xyz", sengaja dibuat untuk tujuan penipuan, sebagaimana situs Swagbuckssn.xyz.

Domain "xyz" sering dipakai hacker

Ada banyak domain yang bisa dipakai untuk membuat situs web selain ".com", sebut saja seperti ".id", ".org", ".fi", dan juga ".xyz". Di antara kumpulan domain tersebut, banyak hacker yang menggunakan domain ".xyz" untuk melancarkan aksi penipuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com