Kompas.com - 12/05/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Apple dilaporkan telah mulai mengembangkan panel OLED baru yang tidak menggunakan lapisan polarizer. Layar ini disinyalir disiapkan untuk ponsel lipat buatan Apple.

Pasalnya, layar tanpa polarizer ini digunakan di beberapa perangkat lipat, seperti layar Samsung Galaxy Fold3 yang dirilis Agustus 2021, misalnya.

Sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada outlet media Korea Selatan, The Elec, tanpa lapisan polarizer, panel dapat dibuat menjadi lebih tipis. Alhasil, penel akan menjadi lebih optimal saat dilipat.

Lapisan polarizer sendiri berguna untuk meningkatkan visibilitas tampilan pada layar.

Baca juga: iPhone dengan Layar Lipat Mulai Dijajal?

Di sisi lain, lapisan polarizer sendiri biasanya berwarna gelap. Sehingga, penggunaannya di layar ponsel juga memengaruhi efisiensi pencahayaan di layar.

Biasanya, vendor ponsel akan meningkatkan konsumsi daya untuk demi meningkatkan kecerahan layar. Namun, ini juga dapat berdampak pada umur panel.

Layar tanpa polarizer di Galaxy Fold3

Perbedaan susunan panel OLED biasa dengan lapisan polarizer (kiri) dan susunan panel Eco OLED pada Galaxy Z Fold 3.Samsung Display Perbedaan susunan panel OLED biasa dengan lapisan polarizer (kiri) dan susunan panel Eco OLED pada Galaxy Z Fold 3.
Sebagai gambaran, dalam kasus Galaxy Fold3, ponsel lipat generasi terbaru dari Samsung ini menggunakan display model baru, bernama Eco2 (dibaca "Eco Square") OLED tanpa polarizer.

Dalam sebuah laman di situsnya, Samsung Display menjelaskan lapisan polarizer biasanya berwarna gelap sehingga perangkat membutuhkan cahaya lebih untuk bisa memberi tampilan jelas di layar.

Dengan meniadakan lapisan ini, Eco2 OLED menaikkan tingkat transmisi cahaya hingga 33 persen sehingga kamera bawah layar bisa bekerja optimal karena mendapat cukup cahaya.

Baca juga: Prototipe Ponsel Lipat Apple Seukuran iPhone 12 Pro Max

Meski demikian, panel Galaxy Fold3 tidak benar-benar tidak memiliki lapisan polarizer. Pasalnya, alih-alih polarizer konvensional, panel Eco2 OLED Galaxy Fold3 menggunakan menggunakan filter warna pada film tipis dan mengintegrasikannya pada panel.

Halaman:
Sumber The Elec


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.