Kompas.com - 27/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - iPhone cukup dikenal sebagai smartphone yang eksklusif. Bagaimana tidak, ponsel buatan Apple ini memiliki ekosistem tersendiri yang tidak dipakai oleh kebanyakan ponsel lainnya, termasuk untuk urusan pencadangan (backup) data WhatsApp.

Kebanyakan ponsel umumnya mencadangkan data WhatsApp dengan memanfaatkan layanan Cloud dari Google Drive, terutama ponsel-ponsel berbasis Android. Sementara itu, backup WhatsApp iPhone tidak dilakukan lewat layanan tersebut.

Baca juga: Daftar iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per Oktober 2022

Lantas, backup WhatsApp iPhone tersimpan di mana? Data WhatsApp di iPhone hanya bisa dicadangkan lewat layanan Cloud khas Apple, yakni iCloud.

Fitur backup WhatsApp iPhone via iCloud ini bakal otomatis didapat pengguna ketika telah login akun pengguna perangkat atau Apple ID. Selain lewat iCloud, pengguna tak akan bisa mencadangkan data WhatsApp seperti riwayat chat, stiker, pengaturan, dan sebagainya.

Bila Anda ingin mencadangkan data WhatsApp tersebut ke iCloud, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sebelumnya. Pertama, pastikan iPhone Anda terhubung dengan jaringan internet dari koneksi WiFi.

Lalu, pastikan pula pencadangan iCloud untuk WhatsApp telah aktif. Caranya, klik ikon gerigi roda pada layar “home” untuk mengakses menu pengaturan perangkat. Lalu, klik banner Apple ID yang tertera di daftar paling atas menu pengaturan perangkat.

Selanjutnya, pilih opsi “iCloud” dan gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi WhatsApp. Bila toggle WhatsApp berada dalam warna hijau, artinya pencadangan iCloud untuk aplikasi tersebut telah aktif.

Baca juga: Apakah iPhone Bisa Digunakan Tanpa iCloud? Begini Penjelasannya

Setelah aktif, kini Anda mulai bisa untuk melakukan backup WhatsApp iPhone. Sudah penasaran dengan bagaimana cara backup WhatsApp iPhone? Simak, penjelasan di bawah ini.

Cara backup WhatsApp iPhone ke iCloud

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone Anda, lalu klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Selanjutnya, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”
  • Terakhir, klik opsi “Cadangkan Sekarang”
  • Anda bisa mengatur pencadangan secara otomatis secara harian, mingguan, dan bulanan, lewat opsi “Cadangkan Otomatis”
  • Data yang dicadangkan ke iCloud tersebut bisa dienkripsi end-to-end dengan mengaktifkan opsi “Cadangan Terenkrispi End-to-end”.

Ilustrasi cara backup WhatsApp iPhone ke iCloudKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara backup WhatsApp iPhone ke iCloud

Baca juga: 3 Cara Menonaktifkan WhatsApp di iPhone Tanpa Mematikan Data

Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1. Beda versi sistem operasi yang digunakan, mungkin bakal beda juga letak opsi dan tahapannya.

Demikian informasi seputar cara backup chat whatsapp iPhone via iCloud dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.